Dark/Light Mode

Negara Pulau Dan Kepulauan Sepakati Deklarasi Solidaritas

Presiden: Indonesia Di Barisan Terdepan Dukung AIS Forum

Kamis, 12 Oktober 2023 07:20 WIB
Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan pers usai Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 di Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua, Badung, Bali, Rabu (11/10/2023). (ANTARA FOTO/Media Center KTT AIS Forum 2023/Akbar Nugroho Gumay/pras)
Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan pers usai Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 di Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua, Badung, Bali, Rabu (11/10/2023). (ANTARA FOTO/Media Center KTT AIS Forum 2023/Akbar Nugroho Gumay/pras)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan Indonesia mendukung penuh Deklarasi Solidaritas Negara Pulau dan Kepulauan. Langkah tegas Indonesia diharapkan bisa memperkuat kolaborasi dalam mengatasi tantangan global.

Jokowi mengungkap­kan, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Negara-negara Pulau dan Kepulauan atau Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 menyepakati Deklarasi Solidaritas Negara Pulau dan Kepulauan.

Baca juga : Relawan Ganjartivity Gelar Diskusi Soal Kiat Sukses Berkiprah Di Dunia Seni

Deklarasi ini menyatakan komitmen negara pulau dan kepulauan untuk meningkatkan kerja sama dalam mengatasi ber­bagai masalah bersama, dengan prinsip dasar solidaritas, keseta­raan, dan inklusivitas.

“Pimpinan negara yang ha­dir di KTT AIS Forum 2023 sepakat untuk memegang tiga prinsip sebagai landasan peningkatan kerja sama,” ujar Kepala Negara saat memberi­kan keterangan pers di Media Center KTT AIS Forum, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, kemarin.

Baca juga : Shopee Indonesia Stop Penjualan Barang Impor

Dukungan penuh Indonesia terhadap Deklarasi ini, menurut Presiden, sebagai wujud komit­men Indonesia mendorong kerja sama yang sudah terjalin agar negara pulau dan kepulauan di seluruh dunia semakin solid dalam menghadapi berbagai tantangan dunia dengan berkolaborasi.

“Indonesia berkomitmen untuk AIS Forum menjadi organisasi internasional guna melakukan langkah-langkah konkret terkait penanganan isu kawasan dan isu dunia. Derta terus menyuarakan kepentingan negara-negara berkembang dan negara-negara pulau dan kepulauan,” tegas Presiden.

Baca juga : Ikatan Pemuda Desa Serentak Deklarasikan Gagasan Jadi Presiden Di Pilpres 2024

Presiden menilai, dunia se­dang tidak baik-baik saja karena ancaman perubahan iklim yang semakin nyata.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.