Dark/Light Mode

Gandeng Dharma Pertiwi TNI

Budi Arie Kerek Literasi Digital

Jumat, 20 Oktober 2023 07:40 WIB
Menteri komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi dalam Launching Literasi Digital Keluarga Besar TNI di Menara Danareksa, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2023). (Foto: Humas Kominfo)
Menteri komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi dalam Launching Literasi Digital Keluarga Besar TNI di Menara Danareksa, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2023). (Foto: Humas Kominfo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggandeng Dharma Pertiwi Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk meningkatkan literasi digital masyarakat.

Menkominfo Budi Arie Setiadi mengatakan, kolaborasi menjadi kunci untuk mengoptimalkan pemanfaatan internet secara positif. Khususnya dalam kegiatan ekonomi digital dan pencegahan konten negatif.

Baca juga : Gandeng Amartha, BNI Dukung Digitalisasi UMKM Go Global

“Untuk meningkatkan literasi digital, Kemenkominfo menginisiasi Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) yang hadir sejak 2017. Ini dilakukan untuk memperkuat kecakapan digital dasar dan literasi digital Masyarakat,” kata Budi Arie saat Peluncuran Kegiatan Literasi Digital Keluarga Besar TNI bertajuk ‘Jelajahi Dunia Digital dengan Bijak’ di Jakarta, Kamis (19/10/2023).

Program tersebut didukung oleh 142 mitra dari berbagai latar belakang. Termasuk aka­demisi, perusahaan startup dan marketplace, serta perusahaan teknologi global.

Baca juga : Gandeng eFishery, Kemenkop UKM Luncurkan Koperasi Multi Pihak Digitalisasi Petambak

Meski telah dilakukan selama 6 tahun, Budi Arie mengakui, perjalanan untuk meningkatkan literasi digital nasional masih panjang.

Dari total 215,63 juta penggu­na internet di Indonesia, kegiatan GNLD hingga 16 Oktober 2023 telah melakukan literasi kepada 23.752.721 peserta.

Baca juga : Bamsoet Terima Penghargaan Dharma Pertahanan Utama dari Kemenhan

“Kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendukung upaya literasi digital nasional menjadi penting dilakukan. Termasuk oleh keluarga besar TNI yang tersebar di seluruh penjuru negeri,” kata Budi Arie.

Ketua Umum Projo ini mengungkapkan, kolaborasi bersama TNI tidak sekadar meningkatkan pemahaman keluarga besar TNI pada isu digital. Namun juga membuka peluang keluarga TNI untuk menjadi pegiat literasi digital nasional.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.