Dark/Light Mode

BNPT: Masyarakat Sipil Punya Peran Penting Mengimplementasikan RAN PE

Senin, 23 Oktober 2023 20:06 WIB
Foto: BNPT
Foto: BNPT

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) sekaligus Ketua Kelompok Kerja (Pokja) RAN PE, Bangbang Surono menilai, partisipasi aktif masyarakat sipil dalam upaya pencegahan dan penanggulangan ekstremisme dan terorisme memberikan kontribusi positif terhadap implementasi RAN PE.

"Kami menyadari peran yang sangat penting dari masyarakat sipil untuk memberikan nilai tambah dalam bentuk pengetahuan serta pengalaman yang beragam dari berbagai sektor masyarakat terhadap implementasi RAN PE," kata Bangbang.

Hal itu disampaikannya saat memberi sambutan di Rapat Koordinasi Kelompok Kerja Kementerian/Lembaga dan tematis Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme, Senin (23/10/2023).

Baca juga : Ancaman Siber Makin Marak, BDDC Tekankan Peran Penting Perlindungan Data

Dengan kinerja positif tersebut, Bangbang memberikan apresiasi kepada seluruh organisasi masyarakat sipil, yang tergabung dalam Pokja Tematis RAN PE mendukung berjalannya pelaksanaan RAN PE periode 2021-2024.

Dia mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh OMS yang bergabung dalam Pokja Tematis RAN PE yang secara aktif dan konsisten menunjukan komitmennya dalam mendukung kolaborasi dengan pemerintah dalam upaya pencegahan dan penanggulangan ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme.

"Khususnya, dalam pelaksanaan kebijakan RAN PE yang dijalankan dengan proses yang inklusif, transparan dan akuntabel," tuturnya. 

Baca juga : Pemda Provinsi Jabar Raih Dua Penghargaan Implementasi SPBE 2023

Memasuki periode transisi menuju akhir pelaksanaan RAN PE periode 2021-2024, Sestama BNPT berharap, seluruh pihak terkait khususnya masyarakat sipil dapat bekerja dan bersinergi bersama untuk terus mengoptimalkan pelaksanaan RAN PE.

"Seluruh pemangku kepentingan khususnya masyarakat sipil dapat terus bekerja dan berkolaborasi bersama dalam melaksanakan berbagai inisiatif untuk mengoptimalkan pelaksanaan RAN PE," harapnya.

Melalui koordinasi yang baik, Bangbang berharap dapat menghasilkan output untuk mengoptimalkan pencapaian pelaksanaan RAN PE pada tahun 2023, sekaligus mendiskusikan langkah-langkah strategis pelaksanaan RAN PE di 2024.

Baca juga : Literasi Masyarakat Kuat, Pertumbuhan Ekonomi Meningkat

"Kami membuka diri terhadap masukan dan penajaman, khususnya pada aspek-aspek substantif yang berkaitan dengan HAM, pengarusutamaan Gender dan perlindungan bagi kelompok rentan, strategi pelibatan generasi milenial, Kesiapsiagaan Nasional dan berbagai kegiatan substansi lainnya," tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.