Dark/Light Mode

Manggala Agni Berjibaku Padamkan 4 Titik Karhutla di Sumsel

Kamis, 2 November 2023 14:36 WIB
Tim Manggala Agni berjuang memadamkan karhutla di Sumatera Selatan. (Foto: Dok. KLHK)
Tim Manggala Agni berjuang memadamkan karhutla di Sumatera Selatan. (Foto: Dok. KLHK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Manggala Agni terus berjuang untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Sumatera Selatan. Pemadaman karhutla masih dilakukan di empat titik yang tersebar di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan Ogan Ilir, Rabu (1/11).

Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (PKHL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kementerian LHK), Thomas Nifinluri, turut langsung dalam upaya pemadaman karhutla di Desa Jungkal, Kecamatan Pampangan, Kabupaten OKI. Thomas menyebutkan, tantangan yang dihadapi Manggala Agni, terutama di wilayah OKI, yaitu kebakaran terjadi pada areal gambut dengan kedalaman kurang lebih enam meter, dengan kondisi kering serta sulitnya air untuk proses pemadaman.

Baca juga : Dibantu Hujan, Team Manggala Agni Dan Polda Sumsel Berhasil Padamkan Api Di HPT

“Salam khusus dari Ibu Menteri LHK untuk tim Manggala Agni yang sedang berjuang melakukan pemadaman di lapangan. Perjuangan Manggala Agni cukup berat. Semoga tetap semangat dan karhutla segera teratasi,” begitu pesan Menteri LHK Siti Nurbaya, yang disampaikan Thomas kepada Manggala Agni di lokasi pemadaman, seperti keterangan yang diterima RM.id, Kamis (2/11).

Thomas juga berpesan agar Manggala Agni tetap menjaga kesehatan, menjaga kekompakan, dan saling memperkuat empati di antara sesama tim. “Tetap jaga semangat untuk Patriot Langit Biru - Manggala Agni dalam mengendalikan karhutla,” ucapnya.

Baca juga : Pj Gubernur Agus Fatoni Terima Penghargaan Pengendalian Stunting di Sumsel

Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) Wilayah Sumatera, Ferdian Krisnanto, menyebutkan, dalam operasi pemadaman yang berada di wilayah OKI, pihaknya telah menurunkan personel Manggala Agni gabungan dari Sumatera Selatan dan Jambi. Dari Sumatera Selatan meliputi Manggala Agni dari Daops Sumatera XVII/ OKI, Daops Sumatera XVI/ Lahat, Daops Sumatera XIV/ Banyuasin dan Daops Sumatera XV/ Musi Banyuasin. Sementara dari Bawah Kendali Operasi (BKO) Jambi berasal dari Daops Sumatera XIII/ Sarolangun dan Daops Sumatera XII/ Tebo.

“Selain Manggala Agni, dukungan personel pemadaman juga datang dari anggota Dirsamapta Polda Sumatera Selatan, KPH Lempuing Mesuji, Regu Pemadam Kebakaran PT Waringin Agri Jaya, Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum LHK Wilayah Sumatera, dan Masyarakat Peduli Api,” terang Ferdian.

Baca juga : Pesantren dan Santri Berperan Penting Tanamkan Islam Moderat

Ferdian juga menjelaskan, selain upaya pemadaman, langkah lain dalam pengendalian karhutla di Sumatera Selatan yaitu melalui pembasahan lahan gambut bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian LHK, serta pelaksanaan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) yang dilaksanakan sampai Jumat (3/11).

Berdasarkan pantauan satelit Terra/Aqua-Nasa confidence level high dari website sipongi.menlhk.go.id, pada Rabu (1/11) terpantau 11 titik panas di wilayah Sumatera Selatan. Sebanyak tiga titik terpantau di wilayah Kabupaten OKI, dan dua titik di Kabupaten Ogan Ilir.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.