Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tanggal 20 Oktober 2023 Hari Apa? Berikut Perayaan Dan Sejarah Penting Diketahui

Jumat, 20 Oktober 2023 08:44 WIB
Ilustrasi kalender dan peringatan penting di bulan Oktober. (Foto: Freepik)
Ilustrasi kalender dan peringatan penting di bulan Oktober. (Foto: Freepik)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada sejumlah hari penting yang diperingati setiap tanggal 20 Oktober, hari ini. Mulai dari Hari Osteoporosis hingga Hari Statistik. Tapi apakah libur?

Jika merujuk pada Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri, Tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023, tidak ada tanggal merah atau libur di tanggal 20 Oktober.

Akan tetapi tanggal 20 Oktober diperingati di seluruh dunia dengan sejumlah perayaan sebagai berikut:

1. Hari Osteoporosis Sedunia

Hari Osteoporosis Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 20 Oktober untuk meningkatkan kesadaran tentang osteoporosis di seluruh dunia. 

Osteoporosis adalah penyakit tulang yang membuat tulang menjadi rapuh dan rentan patah. Hal ini disebabkan oleh hilangnya jaringan tulang atau pembentukan tulang yang tidak mencukupi, yang umumnya terjadi karena proses penuaan, gaya hidup yang tidak sehat, atau faktor genetik.

Tujuan utama Hari Osteoporosis Sedunia adalah untuk memperkuat pengetahuan masyarakat tentang pentingnya kesehatan tulang, pencegahan osteoporosis, serta pentingnya menerapkan gaya hidup sehat yang melibatkan pola makan yang seimbang dan olahraga teratur. Dengan meningkatkan kesadaran tentang osteoporosis, diharapkan masyarakat dapat mengenali gejala dan risiko penyakit ini, sehingga dapat melakukan tindakan pencegahan yang tepat.

Baca juga : Dubes Jepang Kenji Kanasugi Beri Penghargaan Dua Pegiat Pendidikan

Pada Hari Osteoporosis Sedunia, berbagai organisasi kesehatan dan kelompok masyarakat biasanya mengadakan seminar, konferensi, dan kegiatan edukatif lainnya untuk mengedukasi masyarakat tentang osteoporosis dan cara-cara mencegahnya. Selain itu, kampanye sosial media dan kampanye kesadaran di tempat umum juga sering diadakan untuk menyebarkan informasi tentang osteoporosis kepada khalayak luas.

Meskipun osteoporosis sering terjadi pada lanjut usia, penting untuk diingat bahwa pencegahan osteoporosis sebaiknya dimulai sejak dini dengan mengadopsi pola hidup sehat, mengonsumsi makanan kaya kalsium dan vitamin D, serta melakukan latihan fisik yang dapat memperkuat tulang. 

Dengan meningkatkan pemahaman dan kesadaran tentang osteoporosis, diharapkan dapat mengurangi angka kejadian penyakit ini serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan.

Hari Osteoporosis Sedunia atau World Osteoporosis Day (WOD) adalah puncak kegiatan tahunan yang didukung oleh International Osteoporosis Foundation (IOF) bersama Badan Kesehatan Dunia (WHO) sejak tahun 90-an.

2. Hari Statistik Sedunia

Berbeda dengan Hari Statistik Nasional yang diperingati setiap 26 September, Hari Statistik Dunia diperingati setiap lima tahun sekali, pada tanggal 20 Oktober.

Sebelumnya, Hari Statistik Sedunia sudah diperingati pada tahun 2020. Itu artinya, peringatan Hari Statistik Sedunia baru akan digelar lagi pada tahun 2025. Tidak setiap tahun ya gaes.

Baca juga : Ancaman Siber Makin Marak, BDDC Tekankan Peran Penting Perlindungan Data

Peringatan Hari Statistik Sedunia pertama kali ditetapkan pada tahun 2010 oleh Komisi Statistik Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Sementara Divisi Statistik Departemen Urusan Ekonomi PBB bertindak sebagai pengelola kampanye global ini untuk menetapkan pesan-pesan utama secara global, dan menyediakan sumber daya akses ke negara-negara dan mitra melalui situs web resmi.

Tujuan dari peringatan Hari Statistik Dunia ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya statistik dalam pengambilan keputusan yang berdampak pada berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam perencanaan pembangunan, kebijakan publik, dan pemantauan progres sosial.

3. Hari Chef Internasional

Hari Chef Internasional dirayakan setiap tahun pada tanggal 20 Oktober untuk menghormati dan mengakui kontribusi para koki di seluruh dunia.

Menurut informasi yang dipublikasikan oleh situs resmi World Association of Chefs Societies (World Chefs), Hari Chef Internasional juga menjadi momen untuk menghormati warisan seorang inovator di dunia kuliner, yaitu Chef Dr. Bill Gallagher.

Tema utama yang diusung dalam perayaan Hari Chef Internasional adalah "Menumbuhkan Koki Hebat", yang bertujuan untuk memberi dorongan dalam membimbing generasi muda serta menumbuhkan bakat-bakat kuliner.

Selain itu, dilansir dari laman dateandtime.com, ada beberapa peristiwa penting terjadi pada hari ini, diantaranya:

Muammar Qaddafi Ditangkap Tahun 2011 

Baca juga : 16 Oktober memperingati Hari Apa? Ini Daftar Perayaan Di Indonesia Dan Dunia

Pemimpin Libya Muammar Qaddafi, ditangkap oleh Pasukan Dewan Transisi Nasional. Dia dibunuh oleh pasukan itu tidak lama setelahnya.

Bencana Luzhniki Tahun 1982 

Kericuhan selama pertandingan sepak bola Piala UEFA antara klub Belanda Haarlem dan klub sepak bola Moskovia, Spartak di Stadion Lenin di Moskow menyebabkan sekitar 60 orang tewas.

Opera Sydney Dibuka Tahun 1973 

Bangunan ikonik yang dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO, dirancang oleh arsitek Denmark, Jørn Oberg Utzon. Konstruksi pusat seni pertunjukan dimulai pada Maret 1959 dan menghabiskan lebih dari 100 juta dolar AS.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.