Dark/Light Mode

Dibantu Hujan, Team Manggala Agni Dan Polda Sumsel Berhasil Padamkan Api Di HPT

Rabu, 1 November 2023 23:14 WIB
Kepala PPI Manggala Agni Sumatera, Ferdian Krisnanto. (Foto: Ist)
Kepala PPI Manggala Agni Sumatera, Ferdian Krisnanto. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari pertama penugasan 53 orang pasukan Sat Brimob dan Ditsamapta Polda Sumsel yang diperbantukan kepada Manggala Agni, berhasil memadamkan api di area Hutan Produksi Terbatas (HPT), di desa Cinta Jaya Pedamaran Timur.

Operasi pemadaman yang berlangsung selama tujuh jam tersebut dipermudah dengan turunnya hujan saat subuh pada  Rabu (1/11/2023). Team berhasil memadamkan api di area seluas 300 hektar, yang telah menyala sejak bulan Agustus serta semakin parah pada satu minggu terakhir.

Kepala PPI Manggala Agni Sumatera, Ferdian Krisnanto yang baru kembali ke Posko Daops Manggala Agni menyampaikan bahwa kondisi HPT sudah clear, dan beberapa spot asap sudah berhasil dipadamkan, dan hari Kamis (2/11/2023), akan dikirim tim kecil guna guna memastikan bahwa api tidak menyala lagi. 

Baca juga : Inovasi Berkelanjutan, PHE Jambi Merang Gulirkan Program Kelas Berbagi

Team Polda Sumsel yang dipimpin oleh Kompol Agus Apri Irawanto akan terus berada di Posko Daops guna dikerahkan ke lokasi titik api yang setiap malam dievaluasi guna menentukan strategi pemadaman yang efektif, sekaligus melatih keterampilan personel Polri teknis pemadaman api dari Manggala Agni.

Kapolda Sumsel Irjen Rachmad Wibowo mengatakan, setelah menerima laporan dari bhabinkamtibmas setempat perihal terjadinya karhutla di Desa Tanjung Seteko, Kecamatan Indralaya Kabupaten Indralaya, Wadir Samapta Polda Sumsel AKBP Yusantio segera mengirimkan Tim Pemadam Kebakaran Ditsamapta Polda Sumsel ke TKP.

"Tim yang terdiri atas 26 orang ini berhasil memadamkan api pada pukul 19.00 WIB setelah lima jam melakukan pemadaman," katanya,  Rabu (1/11). 

Baca juga : KLHK Turunkan Manggala Agni Bantu Tangani Pemadaman TPA Rawa Kucing

Peralatan yang dibawa Polda Sumsel menuju TKP adalah kendaraan 'double cabin', truk angkut pasukan, truk pemadam kebakaran berkapasitas 10 ton air, serta didukung mobil truk tangki air dari BPBD Ogan Ilir. 

Selain itu, pada hari pertama penugasan sebanyak 53 personel Sat Brimob dan Ditsamapta Polda Sumsel yang diperbantukan kepada Manggala Agni berhasil memadamkan api di area Hutan Produksi Terbatas (HPT), di Desa Cinta Jaya Pedamaran Timur.

 Operasi pemadaman berlangsung selama tujuh jam dan dipermudah dengan turunnya hujan saat subuh, Rabu (1/11/2023).

Baca juga : Kerahkan 25 Personil, KLHK Berhasil Padamkan Api TPA Suwung Bali

Tim berhasil memadamkan api di area seluas 300 hektare yang telah menyala sejak Agustus serta semakin parah pada satu minggu terakhir.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.