Dark/Light Mode

Pj Gubernur Agus Fatoni Terima Penghargaan Pengendalian Stunting di Sumsel

Rabu, 1 November 2023 14:21 WIB
Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni (Foto: Istimewa)
Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni menerima Penghargaan Pengendalian Stunting. Penghargaan ini diterima atas kontribusi Sumsel dalam menurunkan angka stunting.

“Saat ini, stunting di Sumsel berada di angka 18,6 persen atau turun 6,2 persen dibanding tahun 2021 dengan angka 24,8 persen. Angka ini menjadi penurunan tertinggi di Indonesia," ungkap Fatoni saat hadir dalam acara penyerahan penghargaan penurunan angka Stunting bertempat, di Gedung Tribun Network Jakarta, Selasa (31/10).

Dia tidak berpuas diri dengan keberhasilan ini. "Kita ingin angka stunting bisa ditekan lagi dan menurun lebih banyak lagi," ucapnya.

Baca juga : Pj Gubernur Sumsel Fatoni Hadiri Rakor Pj Kepala Daerah Yang Dipimpin Jokowi

Fatoni menyampaikan, upaya percepatan penurunan prevalensi stunting mengacu kepada Strategi Nasional Penurunan Stunting melalui 5 Pilar. Pertama, peningkatan komitmen dan visi kepemimpinan di Kementerian/Lembaga (K/L), Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, dan Pemerintah Desa.

Kedua, peningkatan komunikasi perubahan perilaku dan pemberdayaan masyarakat. Ketiga, peningkatan konvergensi intervensi zpesifik dan intervensi sensitif di K/L, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/kota, dan Pemerintah Desa.

Keempat, peningkatan ketahanan pangan dan gizi pada tingkat individu, keluarga, dan masyarakat. Kelima, penguatan dan pengembangan sistem, data, informasi, riset, dan inovasi.

Baca juga : Pj Gubernur Jateng: Kemajuan Indonesia Di Tangan Pemuda

Selain penurunan angka stunting, Fatoni berharap agar pertumbuhan ekonomi naik serta kemiskinan ekstrem menurun di Sumsel. Oleh karena itu, dia meminta keterlibatan semua pihak, termasuk anggota Kadin Sumsel dapat berkontribusi.

"Capaian pertumbuhan perekonomian, inflasi, penurunan kemiskinan ekstrem, dan stunting yang ada sudah bagus sebelumnya. Tinggal ke depannya kita ingin capaian ini jadi lebih bagus lagi dan dimaksimalkan dengan cara kolaborasi bersama semua pihak termasuk dibutuhkan peran dunia usaha dan juga Kadin," ucapnya.

Saat ini, dunia usaha di Sumsel terus bangkit untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja. "Yang terpenting dunia usaha harus segera bangkit jalin kemitraan bersama pemerintah daerah dalam mengejar pertumbuhan ekonomi dan tersedianya lapangan pekerjaan," tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.