Dark/Light Mode

Kebut Transformasi Digital

RI Bangun Pusat Data Nasional Di Tiga Lokasi

Minggu, 5 November 2023 07:30 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi. (Foto: Dok. FMB9)
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi. (Foto: Dok. FMB9)

 Sebelumnya 
Konektivitas yang cepat dan merata akan membuka peluang bagi masyarakat dan pelaku usaha untuk memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing.

“Transformasi digital yang tengah dicanangkan pemerintah dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, seperti peningkatan produktivi­tas, efisiensi, dan aksesibilitas” jelas Ketua Umum ProJo ini.

Namun, diingatkannya, man­faat ini hanya bisa dicapai jika masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital secara produk­tif dan positif.

Baca juga : SIM Keliling Tangerang Kota Jumat 3 November, Hadir Di 2 Lokasi

“Kementerian Kominfo ini kan enabler, fasilitator dan regu­lator menuju transformasi digital. Prinsip kami harus inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan. Itu penting,” imbuh dia.

Maka untuk mendorong sum­ber daya manusia (SDM) yang cakap digital, Kominfo juga telah meluncurkan dua program pendidikan dan pelatihan di bidang digital.

Keduanya yaitu, Digital Talent Academy (DTA) dan Digi­tal Entrepreneurship Academy (DEA).

Baca juga : Sinar Primera Gaet Gaw Capital Partners Kembangkan Pusat Data Di Indonesia

Kedua program ini diharapkan dapat menghasilkan SDM kom­peten di bidang digital. Ini yang akan menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

Budi Arie mengingatkan, penggunaan teknologi digital juga harus dijaga agar tidak mengarah ke hal-hal negatif.

Seperti, penyebaran ujaran kebencian, fitnah, dan konten negatif lainnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.