Dark/Light Mode

Gara-gara Coldplay Manggung 6 Kali Di Singapura

Birokrasi Perizinan Acara Mau Dipangkas Habis Nih

Jumat, 10 November 2023 07:30 WIB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Az­war Anas saat memberikan arahan dalam Live Demo Layanan Digi­tal Perizinan Penyelenggaraan Event, di Kantor Kementerian PANRB, Kamis (9/11/2023). (Foto: Humas MenpanRB)
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Az­war Anas saat memberikan arahan dalam Live Demo Layanan Digi­tal Perizinan Penyelenggaraan Event, di Kantor Kementerian PANRB, Kamis (9/11/2023). (Foto: Humas MenpanRB)

 Sebelumnya 
“Kalau izin event semakin mudah, kita tidak hanya bisa mencegah devisa lari ke luar negeri, tapi juga dapat menggaet wisatawan mancanegara datang ke Indonesia,” ungkap mantan kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Peme­rintah (LKPP) tersebut.

Anas menambahkan, layanan digital ini telah menghadirkan pengalaman baru yang berbasis pengguna seperti layanan di dunia swasta.

“Sebelumnya, dalam layanan izin event belum ada Service Level Agreement (SLA) yang jelas, juga belum ada biaya yang pasti. Dulu event organizer harus datang ke kepolisian, ke dinas di Pemda dan sebagainya, sehingga makan biaya. Kalau sekarang fully online, cukup di depan lap­top,” terangnya.

Baca juga : Jumlah Orang Miskin Bisa Meningkat Nih...

Plh. Sekretaris Kemenko Bi­dang Kemaritiman dan Investasi Odo Manuhutu mengatakan, kunci implementasi digitalisasi perizinan terpadu adalah kola­borasi antarinstansi.

Harapannya, sistem ini akan mendorong dan memberikan dam­pak positif ke industri event kita.

“Semoga teman-teman indus­tri bisa memanfaatkan layanan ini, sehingga membuat proses lebih transparan, simpel dan akuntabel,” harapnya.

Baca juga : Keren, Tata Manajemen ASN Dan Smart Birokrasi Ganjar Di Jateng Jadi Contoh Provinsi Lain

Odo menuturkan, layanan digital izin event telah sukses memangkas proses bisnis dari 6 tahap menjadi 4 tahap.

Menurut Odo, dengan trans­formasi digital yang dilakukan, proses yang ada menjadi ter­integrasi.

Pengisian formulir, pengulan­gan pengisian data, dan upload dokumen berkurang secara sig­nifikan. Proses yang berjalan pun dilakukan secara terpadu, online (tidak face-to-face) dan meng­gunakan digital payment.

Baca juga : Gandeng Kalog, Distribusi Perikanan Lewat Kereta Meningkat Tajam

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 10/11/2023 dengan judul Gara-gara Coldplay Manggung 6 Kali Di Singapura, Birokrasi Perizinan Acara Mau Dipangkas Habis Nih

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.