Dark/Light Mode

Ngobrol Bareng Legislator, Anggota Komisi I DPR Ingatkan Peran Masyarakat Tangkal Hoaks

Sabtu, 18 Februari 2023 22:04 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi I DPR RI bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen APTIKA) melaksanakan webinar bertajuk "Ngobrol Bareng Legislator".

Webinar yang mengangkat tema "Antisipasi Penyebaran Hoaks Melalui Sosial Media" ini dilaksanakan secara daring.

Kegiatan dibuka oleh Dirjen APTIKA Samuel Abrijani dengan narasumber Anggota Komisi I F-PKB Taufik R Abdullah, akademisi dan pegiat sosial media Dwi Ajeng Widarini, serta tokoh MUI Banjarnegara H. Jauhar Hatta.

Baca juga : Ketua DJSN Tak Hadiri Raker Dengan Komisi IX, Uni Irma: Kami Panggil Paksa

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 250 peserta secara daring ini merupakan bentuk peran aktif legislator kepada konstituennya di wilayah Banjarnegara, Jawa Tengah.

Sekaligus, bentuk edukasi kepada masyarakat agar dapat lebih waspada dalam menerima informasi yang beredar di media sosial.

Taufik R Abdullah menyampaikan, peran aktif masyarakat dalam mencegah penyebaran hoaks merupakan sebuah keharusan. Sebab, penyebaran hoaks tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah.

Baca juga : Anggota Komisi III DPR Dorong KY Cermati Putusan Hakim Kasus Indosurya

Dibutuhkan juga kebijaksanaan masyarakat sebagai pengguna media sosial dalam menyebarluaskan berita yang didapat.

"Tanggung jawab pencegahan penyebaran Hoax merupakan tanggung jawab bersama, tidak hanya pemerintah namun masyarakat pun harus berperan aktif dalam pencegahannya tersebut," ujar Taufik saat memaparkan materinya.

Acara webinar yang dilaksanakan selama 2 jam ini diikuti dengan antusias oleh para peserta yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat.

Baca juga : Relawan Ganjar Medan Dan Majelis Taklim Kompak Sejahterakan Masyarakat

Hal tersebut terlihat dari banyaknya peserta webinar yang ingin bertanya terkait materi yang disampaikan oleh para narasumber. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.