Dark/Light Mode

Blusukan Seleksi Kompetensi Dasar ASN

Menpan: Tak Ada Lagi Joki Tes

Sabtu, 18 November 2023 07:30 WIB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Abdullah Azwar Anas. (Foto: Antara)
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Abdullah Azwar Anas. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Plt Kepala Badan Kepega­waian Negara Haryomo Dwi Putranto mengatakan, titik lo­kasi pelaksanaan seleksi CASN 2023 kini mencapai 365 tempat. Antara lain, di BKN, politeknik kesehatan di sejumlah kota, lokasi mandiri instansi, serta luar negeri.

Haryomo menjelaskan, jumlah ini menunjukkan peningkatan ratusan persen dibanding tahun lalu yang hanya ada di 105 titik lokasi.

“Penambahan titik lokasi di­harapkan membuat peserta tidak terlalu jauh dalam mengakses tempat tes,” harap Haryomo.

Baca juga : Dahnil Anzar Simanjuntak: Tidak Ada Data Rahasia Diretas

Menurutnya, BKN telah berupaya meningkatkan keamanan sistem. Salah satunya, berkolaborasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

“(Sementara) untuk penyediaan jaringan komunikasi data, BKN bekerja sama dengan Kemenkominfo melakukan penambahan bandwidth dan penambahan backup link untuk kelancaran pelaksanaan ujian CAT,” ungkapnya.

Ketua Umum Asosiasi Analis Kebijakan Indonesia (AAKI) Trubus Rahadiansyah menilai, saat ini peminat seleksi ASN banyak dari kalangan lulusan baru.

Baca juga : Belum Temukan Pasangan, Prabowo Menanti Sinyal Dari Jokowi

Hal tersebut lantaran jumlah angkatan kerja setiap tahunnya tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja.

Untuk itu, kata Trubus, seleksi ASN sampai saat ini masih jadi pilihan bagi lulusan baru yang belum mendapatkan pekerjaan.

“Kalau sebenarnya milenial masih banyak minat. Masalahnya, Pemerintah gagal menye­diakan lapangan pekerjaan se­lain ASN. Jadi, begitu fresh graduate menganggur lama, mereka larinya ke seleksi ASN pasti,” katanya.

Baca juga : Menpan: Tak Ada Titip Menitip!

Menurut dia adanya pemekaran beberapa daerah membuat tenaga SDM di lingkup Pemerin­tahan banyak dibutuhkan.

Hal itu akan membuka celah untuk merekrut pegawai honorer. Artinya, pegawai honorer berpotensi belum dapat ditekan jumlahnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 18/11/2023 dengan judul Blusukan Seleksi Kompetensi Dasar ASN, Menpan: Tak Ada Lagi Joki Tes

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.