Dark/Light Mode

Soal Dukungan Capres, Solmet Dan KNPI Tegak Lurus Tunggu Arahan Jokowi

Sabtu, 19 Agustus 2023 15:27 WIB
Organisasi Relawan Solidaritas Merah Putih dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) tegak lurus ikut arahan Presiden Jokowi dalam tentukan Capres di Pemilu 2024. (Foto: Istimewa)
Organisasi Relawan Solidaritas Merah Putih dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) tegak lurus ikut arahan Presiden Jokowi dalam tentukan Capres di Pemilu 2024. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Organisasi Relawan Solidaritas Merah Putih (Solmet) dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) sepakat tidak akan gegabah menentukan Calon Presiden (Capres) yang akan didukung di Pilpres 2024 mendatang.

Hal tersebut ditegaskan Ketua Umum Solmet Silfester Matutina bersama Ketum KNPI Ilyas Indra setelah menghadiri acara Diskusi Publik "Refleksi Kemerdekaan RI-Mengapresiasi dan Mendukung Penuh Kinerja Presiden Jokowi Untuk Indonesia Maju", di Kampus Akademi Tunas Bangsa, Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (18/8).

"Solmet dan KNPI sepakat tidak akan gegabah dan buru-buru untuk deklarasi mendukung Capres tertentu," kata Silfester.

Baca juga : Gibran Tak Lelah Merendah

Silfester menjelaskan alasan pihaknya yang tetap tenang sekalipun pesta demokrasi lima tahunan hanya menyisakan beberapa bulan lagi.

"Semuanya baru bakal Capres dan bakal Cawapres. Belum ada yang definitif. Koalisi partai juga belum solid. Semua bisa berubah hingga batas akhir pengumuman resmi oleh KPU November nanti," ujarnya.

Kendati demikian, dia bilang pihaknya terus mengamati rekam jejak, visi misi, dan komitmen Capres-Cawapres yang ada saat ini.

Baca juga : Soal Cawapres U-35, Ketua MK Nggak Janji Kapan Bisa Diputuskan

"Termasuk berdiskusi dan meminta arahan dari Presiden Jokowi karena Presiden Jokowi tentunya sangat paham siapa Capres-Cawapres yang diperlukan Indonesia, dan mampu mengatasi situasi dunia yang sedang tidak baik-baik saja ini," jelas dia.

Dia khawatir salah langkah. Apalagi tidak mendapat restu Jokowi. Mengingat saat ini Indonesia membutuhkan pemimpin yang berani. Tidak mudah didikte.

"Sebagai organisasi resmi yang mempunyai AD/ART dan terdaftar di lembaran negara, maka kami mempunyai mekanisme tersendiri yang tidak bisa dipengaruhi siapapun, kecuali Presiden Jokowi, atau hanya mengikuti euforia semata hasil pencitraan Capres," papar dia.

Baca juga : PKS Solid Dukung Anies Nyapres, Nggak Mau Pindah Koalisi

Silfester memastikan akan berupaya memenangkan Capres yang mendapat dukungan dari pihaknya. Namun hingga kini pihaknya masih setia tegak lurus mengikuti komando Jokowi.

"Tentunya apabila pilihan Capres-Cawapres sudah ditetapkan, maka anggota kami yang ada di dalam maupun luar negeri akan turun langsung ke masyarakat untuk menjaga kotak suara, serta TPS demi kemenangan Capres yang kami dukung," terang Silfester.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.