Dark/Light Mode

Dua Bandara Baru Diresmikan

Ekonomi Papua Menggeliat

Jumat, 24 November 2023 07:30 WIB
Presiden Jokowi meresmikan dua bandara sekaligus di Papua, Kamis (23/11/2023). Dua bandara tersebut, yaitu Bandara Siboru di Kabupaten Fakfak, Papua Barat dan Bandara Douw Aturure atau Bandara Nabire Baru di Kabupaten Nabire, Papua Tengah.
Presiden Jokowi meresmikan dua bandara sekaligus di Papua, Kamis (23/11/2023). Dua bandara tersebut, yaitu Bandara Siboru di Kabupaten Fakfak, Papua Barat dan Bandara Douw Aturure atau Bandara Nabire Baru di Kabupaten Nabire, Papua Tengah.

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meresmikan dua bandara sekaligus di Papua, Kamis (23/11/2023). Dua bandara tersebut, yaitu Bandara Siboru di Kabupaten Fakfak, Papua Barat dan Bandara Douw Aturure atau Bandara Nabire Baru di Kabupaten Nabire, Papua Tengah.

Kedua bandara itu merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang diharapkan memacu per­tumbuhan ekonomi baru.

Jokowi mengatakan, geliat pembangunan dan kegiatan ekonomi di Papua semakin meningkat. Karena itu, Papua membutuhkan fasilitas dan sara­na transportasi yang lebih baik.

Baca juga : Jurus Ganjar Capai Target Peningkatan Ekonomi 7 Persen: Optimalisasi Transportasi Hingga Pendidikan

“Bandara Siboru dan Douw Aturure yang kita resmikan akan meningkatkan konektivitas di Papua, meningkatkan mobilitas orang dan barang, serta mem­buka banyak peluang untuk memicu tumbuhnya ekonomi baru,” kata Jokowi.

Eks Wali Kota Solo ini menjelas­kan, Bandara Siboru akan menjadi jembatan udara di wilayah Papua Barat yang menghubungkan Fak­fak dengan daerah-daerah lain. Yakni, Sorong, Timika, Kaimana, Amahai, Babo, Dobo dan Bintuni.

Sementara, Bandara Nabire Baru akan menghubungkan Nabi­re dengan beberapa kota di Papua seperti Timika, Manokwari dan Jayapura.

Baca juga : Dikucilkan Barat, Eurasia Bidik Ekonomi ASEAN

Kepala Negara meminta Pemerintah Daerah dan masyara­kat memanfaatkan bandara ini sebaik-baiknya.

“Memanfaatkan akses yang semakin terbuka untuk mem­perkenalkan potensi yang ada di daerah kita ini, destinasi wisata, sehingga akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke tanah Papua,” ingatnya.

Menteri Perhubungan (Men­hub) Budi Karya Sumadi menjelaskan, Bandara Siboru dibangun sejak 2020-2023. Sedang­kan Bandara Nabire Baru diban­gun mulai 2020-2022.

Baca juga : Gus Halim Iskandar Hadiri Pelantikan Pengurus DPW Berani Papua Barat Daya

Pembangunan kedua ban­dara ini menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang berasal dari Sukuk Negara.

“Biaya pembangunan Bandara Siboru menelan biaya senilai Rp 891 miliar dan Bandara Nabire Baru senilai Rp 671,54 miliar,” ungkapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.