Dark/Light Mode

Dapil Jabar III

NasDem Turunkan Anak Menteri, Diah Pitaloka Mengaku Tak Resah

Jumat, 10 November 2023 07:50 WIB
Dapil Jabar III NasDem Turunkan Anak Menteri, Diah Pitaloka Mengaku Tak Resah

RM.id  Rakyat Merdeka - Persaingan ketat Pemilu 2024 bakal terjadi di Dapil Jawa Barat (Jabar) III. 155 Caleg akan bersaing memperebutkan 9 kursi di dapil yang meliputi Cianjur dan Kota Bogor ini. Mereka yang bertarung terdiri dari Caleg petahana, artis, istri-istri kepala daerah, hingga anak menteri.

Pada Pemilu 2019, Gerindra keluar sebagai juara dengan memperoleh 2 kursi DPR lewat Ahmad Riza Patria dan Endang Setyawati Tohari. Belakangan, Riza Patria mengundurkan diri setelah ditunjuk menjadi Wakil Gubernur DKI dan posisinya digantikan Irwan Hardi Asman.

Sisa 7 kursi DPR terdistribusi rata ke 7 partai politik. PKS lewat Ecky Awak Muharam, Budhy Setiawanndari Golkar, Diah Pitaloka dari PDIP, Eddy Soeparno dari PAN, Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz dari PKB, Sjarifuddin Hasan dari Partai Demokrat dan Tjetjep Muchtar Soleh dari Partai NasDem.

Baca juga : Rieke Diah Pitaloka Rilis Versi Baru Lagu Yaa Lal Wathon

Gerindra yang sebelumnya meraih 2 kursi DPR, coba mendongkrak perolehan suara lewat Endang Setyawati Tohari, Irwan Hardi Asman, Kamrussamad (incumbent dari dapil DKI Jakarta III) dan artis lawas Derry Drajad.

Partai NasDem, selain masih memasang Tjetjep Muchtar Soleh, juga memasukkan 2 nama anak menteri dalam daftar calon anggota DPR RI untuk Dapil Jabar 3.

Pertama ialah Indira Chunda Thita, putri Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Saat ini, Indira juga berstatus anggota DPR RI 2019-2024, namun berasal dari Dapil Sulawesi Selatan I.

Baca juga : Ada Melly, Giring, Istri Eks Gubernur, Anak Konglomerat, Nurul Tetap Pede

Anak menteri kedua yang diusung Partai NasDem adalah Ananda Tohpati. Ananda merupakan putra Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar. Ananda Tohpati sekarang menduduki Komisaris Pertamina Lubricants.

Sementara PAN tak hanya memasukkan petahana Eddy Soeparno. Mereka juga turut menyertakan Yane Ardian Rachman, istri Wali Kota Bogor Bima Arya.

Sementara Partai Demokrat menempatkan Sjarifuddin Hasan, Wakil Ketua MPR RI 2019-2024 serta Evy Susanti, istri mantan Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.