Dark/Light Mode

Dua Bandara Baru Diresmikan

Ekonomi Papua Menggeliat

Jumat, 24 November 2023 07:30 WIB
Presiden Jokowi meresmikan dua bandara sekaligus di Papua, Kamis (23/11/2023). Dua bandara tersebut, yaitu Bandara Siboru di Kabupaten Fakfak, Papua Barat dan Bandara Douw Aturure atau Bandara Nabire Baru di Kabupaten Nabire, Papua Tengah.
Presiden Jokowi meresmikan dua bandara sekaligus di Papua, Kamis (23/11/2023). Dua bandara tersebut, yaitu Bandara Siboru di Kabupaten Fakfak, Papua Barat dan Bandara Douw Aturure atau Bandara Nabire Baru di Kabupaten Nabire, Papua Tengah.

 Sebelumnya 
BKS-sapaan akrab Budi Karya Sumadi menuturkan, Bandara Siboru dan Bandara Nabire Baru memiliki panjang runway 1.600 meter x 30 meter, sehingga dapat dilalui pesawat ATR 72 dan sejenisnya.

Bandara Siboru memiliki luas terminal 4.600 meter persegi (m²) yang dapat menampung hingga 153.945 penumpang per tahun.

Sedangkan, Bandara Nabire Baru memiliki luas terminal 6.320 m² yang dapat menam­pung hingga 289.700 penum­pang per tahun.

Menurutnya, desain bangunan kedua bandara ini mengusung konsep kearifan lokal dengan sentuhan simpel modern.

Baca juga : Jurus Ganjar Capai Target Peningkatan Ekonomi 7 Persen: Optimalisasi Transportasi Hingga Pendidikan

Desain bangunan Bandara Siboru menggunakan konsep ‘Satu Tungku Tiga Batu’.

Hal ini terlihat dari adanya tiga atap yang mencerminkan masyarakat Kabupaten Fakfak hidup rukun.

Sedangkan arsitekturnya me­ngambil konsep ‘Rumah Kaki Seribu’, yakni rumah adat suku Arfak di Papua Barat.

Lalu, untuk Bandara Nabire Baru mengambil konsep pepo­honan yang diadopsi dari pohon hutan tropis Papua.

Baca juga : Dikucilkan Barat, Eurasia Bidik Ekonomi ASEAN

Kemudian, penutup atap termi­nal diadopsi dari hutan tropis Papua dan pesawat kertas. Kedua Bandara ini diklaim dibangun dengan kon­sep arsitektur yang baik.

“Kami sampaikan terima kasih atas dukungan berbagai pihak dalam pembangunan ini. Mulai dari Kementerian/Lembaga lain, Pemerintah Daerah setempat, Pimpinan TNI dan Polri setempat, Forum Koordinasi Pimpinan Dae­rah serta masyarakat,” ucapnya.

Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere me­ngatakan, Pemerintah Provinsi terus mendorong percepatan penye­lesaian seluruh infrastruktur bandara baik ruang tunggu maupun akses jalan yang dirampungkan.

“Setelah diresmikan Presiden Jokowi, tinggal pembenahan beberapa sarana prasarana saja,” tandas Ali.

Baca juga : Gus Halim Iskandar Hadiri Pelantikan Pengurus DPW Berani Papua Barat Daya

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 24/11/2023 dengan judul Dua Bandara Baru Diresmikan, Ekonomi Papua Menggeliat

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.