Dark/Light Mode

Hari Ikan Nasional 2023

KKP Kenalkan Budidaya Perikanan Berkelanjutan Pada Pelajar

Minggu, 3 Desember 2023 20:01 WIB
Kementerian Kelautan dan Perikanan KKP memperkenalkan budidaya perikanan berkelanjutan berbasis teknologi digital kepada anak-anak mulai dari Sekolah Dasar SD hingga Sekolah Menengah Pertama SMP dalam rangkaian peringatan Hari Ikan Nasional 2023. Foto: Istimewa
Kementerian Kelautan dan Perikanan KKP memperkenalkan budidaya perikanan berkelanjutan berbasis teknologi digital kepada anak-anak mulai dari Sekolah Dasar SD hingga Sekolah Menengah Pertama SMP dalam rangkaian peringatan Hari Ikan Nasional 2023. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memperkenalkan budidaya perikanan berkelanjutan berbasis teknologi digital kepada anak-anak mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam rangkaian peringatan Hari Ikan Nasional 2023.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya menumbuhkan minat budidaya ikan sejak dini, sehingga turut memacu peningkatan produsi perikanan budidaya dan perekonomian.

Direktur Jenderal Perikanan Budi Daya KKP Tb Haeru Rahayu mengatakan, saatnya generasi muda tidak boleh malu usaha budidaya ikan.

Tebe panggilan akrab Tb Haeru Rahayu menilai, potensi perikanan budidaya di Indonesia sangat besar. Apalagi, perkembangan teknologi dalam rangka meningkatkan produksi subsektor perikanan terus ditingkatkan.

Baca juga : Ganjar Janji Turunkan Kemiskinan Dengan Buka Lapangan Pekerjaan

Sistem pencatatan data telah diterapkan secara digital, sehingga setiap mengambil keputusan didasarkan pada data teknis yang terukur.

Penerapan teknologi digital meliputi pengecekan kualitas air, biomassa, pakan harian, serta pertumbuhan harian. Sehingga tidak lagi melakukan pengecekan secara manual.

Digitalisasi ini juga didukung oleh aplikasi budidaya berbasis data atau smart farming.

"Pengembangan aplikasi berbasis digital untuk usaha budidaya ikan perlu dan cocok buat anak anak muda zaman sekarang yang melek digital," kata Tebe dalam keterangan resminya di Jakarta, Minggu (3/12/2023).

Baca juga : Maroon Cup 2023, Upaya U-Bakrie Gali Bakat Dan Sportivitas Pelajar SMA

Tebe menegaskan, KKP terus menjaga agar industri perikanan budidaya di Indonesia tetap tumbuh lewat pembangunan ekonomi biru berkelanjutan yang digagas oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

Ia berharap perikanan budidaya dapat menopang ketahanan pangan dan menggerakkan ekonomi, serta meningkatan produksi perikanan di daerah.

Untuk itu, KKP meminta kepada para generasi muda khususnya untuk mengembangkan usaha budidaya ikan air tawar di daerah-daerah potensial.

Saat ini, lanjut Tebe, KKP sudah mengembangkan beberapa inovasi teknologi budidaya ikan air tawar, salah satunya yaitu Ikan Mas Mantap, kepanjangan dari Seleksi Induk Majalaya Tahan Penyakit, yang telah lama diluncurkan oleh Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi.

Baca juga : Jadi Anak Desa, Pengamat Puji Gaya Politik Ganjar

Keunggulan ikan mas ini yaitu tahan terhadap serangan Koi Herves Virus (KHV) dan bakteri Aeromonas , cepat beradaptasi dengan lingkungan, dan kadar nutrisi yang terkandung dalam ikan mas ini juga lebih tinggi.

"Keberlanjutan inovasi teknologi ini perlu sentuhan para generasi muda, mulai dari penyediaan benih, pakan hingga pemasaran," ucapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.