Dark/Light Mode

Kementan Verifikasi Balai Penyuluh Pertanian, Calon Penerima Penghargaan CSA 2023

Selasa, 12 Desember 2023 08:44 WIB
Kementan memilih Balai Penyuluhan Pertanian memilih (BPP) level nasional dari lokasi kegiatan Climate Smart Agriculture CSA pada 24 kabupaten di 10 provinsi. (Foto: Dok. Kementan)
Kementan memilih Balai Penyuluhan Pertanian memilih (BPP) level nasional dari lokasi kegiatan Climate Smart Agriculture CSA pada 24 kabupaten di 10 provinsi. (Foto: Dok. Kementan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Verifikasi on the spot dilakukan Kementerian Pertanian (Kementan) ersama Program Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP) pada sejumlah Balai Penyuluhan Pertanian (BPP).

Hal ini dilakukan untuk memilih BPP level nasional dari lokasi kegiatan Climate Smart Agriculture (CSA) pada 24 kabupaten di 10 provinsi.

Ada 11 BPP yang diusulkan 10 Pemerintah provinsi lokasi CSA, begitu juga Pemprov Sumatra Selatan selaku nominator menunjuk BPP Karang Agung Ilir di Kabupaten Banyuasin menjadi nomine untuk bersaing pada Penghargaan SIMURP 2023 untuk meraih predikat BPP tingkat Nasional.

Penyuluh Pusat selaku tim National Project Implementation Unit SIMURP Suwarna memimpin kegiatan verifikasi on the spot di Kecamatan Karang Agung Ilir di Banyuasin.

Verifikasi BPP Karang Agung Ilir meliputi persyaratan umum, persyaratan administrasi serta observasi lapangan.

Baca juga : Sukses Terapkan Sistem Merit, Pemprov Jateng Beri Penghargaan Untuk 22 Pemda

Adapun sasaran yang dinilai sebagai nomine adalah BPP yang menjalankan lima peran BPP melakukan kegiatan penyuluhan di lokasi SIMURP.

Penilaiannya mencakup empat aspek yakni sarana prasarana, SDM, manajemen operasional dan aktivitas di wilayah kerja BPP.

Program SIMURP sejalan arahan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman bahwa fungsi BPP harus ditingkatkan untuk mendukung peningkatan produktivitas pertanian.

"Sektor pertanian sangat strategis sebagai salah satu pilar ketahanan negara. Pertanian membutuhkan SDM yang tangguh dan menguasai budidaya hingga teknologi," kata Menteri Pertanian Amran Sulaiman dalam keterangan resminya Selasa (12/12/2023).

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan, BPP adalah ´rumahnya penyuluh´ yang menjadi garda terdepan pembangunan pertanian nasional.

Baca juga : Integrasi Data Percepat Penerapan Penggunaan Teknologi

"BPP merupakan unit penunjang penyelenggaraan penyuluhan pertanian yang administrasi, pengaturan, pengelolaan dan pemanfaatannya adalah tanggung jawab pemerintah daerah," katanya.

Sementara itu, Direktur NPIU SIMURP Bustanul Arifin Caya mengatakan, Penghargaan SIMURP 2023 untuk memberikan apresiasi pada kinerja BPP.

Setelah dinilai mampu menunjukkan prestasi kerja dalam melaksanakan program pembangunan pertanian melalui kegiatan SIMURP.

Menurut Bustanul, teknologi CSA dikembangkan Kementan bersama SIMURP sejak 2019 hingga saat ini, telah berkontribusi besar pada pembangunan pertanian dalam menunjang peningkatan produksi, produktivitas, indeks pertanaman (IP), pendapatan petani dan penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK).

"Hal ini tidak terlepas dari peran BPP dalam pengawalan dan pendampingan kepada pelaku utama maupun pelaku usaha," ujarnya.

Baca juga : Implementasi Restrukurisasi Capai 90 Persen, WSBP Perkuat Fundamental Keuagan

Bustanul menambahkan, BPP adalah lembaga penyuluhan Pemerintah yang mempunyai tugas dan fungsi penyuluhan pertanian pada tingkat kecamatan serta merupakan unit kerja nonstruktural dengan wilayah kerja satu atau beberapa kecamatan.

"Dengan kelembagaan penyuluhan yang kuat di daerah maka dukungan pengawalan dan sinergi program pembangunan pertanian oleh pemerintah, swasta, dan masyarakat diharapkan dapat dilaksanakan dengan baik melalui peran BPP sebagai Kostratani," katanya.

Untuk itu, kata Bustanul, perlu diberikan penghargaan kepada BPP yang berhasil melaksanakan kegiatan penyuluhan di wilayah kerjanya khususnya di lokasi SIMURP.

"Agar pelaksanaan penilaian BPP akurat dan terukur, tim verifikasi Kementan bersama SIMURP dilengkapi Petunjuk Pelaksanaan yang mengatur tata cara dan mekanisme penilaian terhadap BPP di lokasi SIMURP yang akan mendapat Penghargaan SIMURP 2023," ujar Bustanul.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.