Dark/Light Mode

Kemenpora Gelar Pelatihan Fish Shelter Pelestarian Terumbu Karang Pemuda Pesisir

Sabtu, 16 Desember 2023 09:05 WIB
Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Asrorun Niam Sholeh saat membuka acara melalui zoom. (Foto : Ist)
Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Asrorun Niam Sholeh saat membuka acara melalui zoom. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar kegiatan Sentra Pemberdayaan Pemuda Berbasis Pemanfaatan Iptek Tahun 2023 pada Jumat (15/12).

Kegiatan ini diselenggarakan Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda melalui Asisten Deputi Potensi Kemandirian Pemuda di Desa Banggi, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Acara pelatihan dibuka oleh Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Asrorun Ni'am Sholeh melalui zoom.

Baca juga : Kementan Verifikasi Balai Penyuluh Pertanian, Calon Penerima Penghargaan CSA 2023

Dalam sambutannya, Asrorun, menyampaikan pelatihan ini dapat meningkatkan kapasitas nelayan muda serta UMKM perikanan tangkap.

"Peran Kampus pun sangat penting khususnya dalam koordinasi pentahelix, yakni sebagai akselerasi aktivis perikanan tangkap dengan support IPTEK guna menjaga kelestarian sumber daya ikan agar tidak cepat punah," jelas Niam dalam sambutan tertulisnya, Sabtu (15/12)

Deputi Ni’am berharap kegiatan ini memacu pemuda agar dapat mengimplementasikan keterampilannya secara berkelanjutan dengan sarana dan prasarana yang memadai.

Baca juga : Almijan Gelar Pertemuan Ibu-ibu Pengajian Di Banten, Kampanye Visi Ganjar-Mahfud

Asisten Deputi Potensi Kemandirian Pemuda, Tri Winarno dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan peran pemuda dalam pemberdayaan pemuda melalui SPP berbasis IPTEK serta dapat memberikan pengetahuan, keterampilan dan pendapatan bagi pemuda.

Menurut Tri, sebanyak 50 orang peserta hadir secara langsung. Peserta pelatihan merupakan nelayan muda tradisional dan tergabung dalam anggota kelompok nelayan yang berdomisili serta memiliki pangkalan pendaratan ikan di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. 

Para nelayan muda tersebut akan mendapatkan pelatihan serta materi dari narasumber yang berkompeten di bidangnya, mulai dari Mustadin, Tim DKBN Kemenpora, Akademisi dari UNDIP, Dian Wijayanto, Ketua Departemen Perikanan Tangkap,  Bogi Budi Jayanto, Sekretaris Program Studi Perikanan Tangkap; Abdul Kohar, Ketua Prodi Studi Perikanan Tangkap S1, Faik Kurohman, Koordinator Laboratorium Departemen Perikanan Tangkap; Kukuh Eko Prihantoko, Dosen Perikanan Tangkap; dan Hendrik Anggi Setyawan, Dosen Gugus Pengendali Mutu.

Baca juga : Relawan Srikandi Ganjar Gelar Pelatihan Fotografi Dan Videografi Di Lombok Timur

Pelatihan diselenggarakan selama tiga hari dimulai Rabu-Jumat, 15-17 Desember 2023, di Kawasan Terumbu Karang, Pulau Suwalan, Desa Pasar Banggi, Rembang, Jawa Tengah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.