Dark/Light Mode

Natal Dan Tahun Baru, Posko Nasional Sektor ESDM Pastikan Pasokan Energi Aman

Sabtu, 16 Desember 2023 19:31 WIB
Kepala BPH Migas selaku Ketua Posko Nasional Sektor ESDM Erika Retnowati. (Foto: Dok. Kementerian ESDM)
Kepala BPH Migas selaku Ketua Posko Nasional Sektor ESDM Erika Retnowati. (Foto: Dok. Kementerian ESDM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Posko Nasional Sektor ESDM Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 resmi dibuka di Gedung BPH Migas, Jakarta, Jumat (15/12/2023).

Pembukaan posko ini menandai dimulainya pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 di seluruh Indonesia.

Posko Nasional Sektor ESDM resmi dibuka Kepala BPH Migas Erika Retnowati, selaku Ketua Posko Nasional Sektor ESDM.

Erika mengatakan, pemerintah memberikan jaminan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Gas LPG (Liquefied Petroleum Gas) aman, memastikan pasokan energi yang cukup bagi masyarakat selama masa liburan yang padat.

"Kondisi ketahanan stok BBM dan LPG aman. Gasoline, Gasoil, Kerosene maupun Avtur, ketahanan stoknya di atas 17 hari. Sedangkan, coverage days LPG rata-rata 18 hari," jelas Erika dalam keterangannya, Sabtu (16/12/2023).

Baca juga : Satgas Nataru Pertamina Group Pastikan Ketersediaan Energi Aman

Selama Posko Nataru, Erika menerangkan BPH Migas dan Pertamina menyiagakan 114 terminal BBM, lebih dari 7.400 SPBU, dan 71 DPPU, serta menyiagakan fasilitas tambahan di daerah dengan permintaan tinggi.

"Sementara perkiraan permintaan gasoline naik sekitar 4 persen, Gasoil turun 3,6 persen Avtur naik 6 persen, dan BBM industri turun 9 persen," ujar Erika.

Menurutnya, pemerintah juga memberikan jaminan bahwa stok Gas LPG, yang sangat penting dalam memasak dan kebutuhan rumah tangga, aman dan mencukupi.

Dalam hal pasokan LPG, 23 terminal, 667 SP(P)BE, dan 4.972 agen LPG disiagakan.

Kondisi pasokan LPG tetap stabil selama periode Nataru, dan pangkalan dan agen LPG Siaga 24 jam disiapkan untuk wilayah yang diperkirakan akan memiliki permintaan tinggi.

Baca juga : 66 Tahun Pertamina Membangun Ketahanan Energi Dan Ekonomi RI

"Ketersediaan LPG dijaga dengan penambahan pasokan LPG ke agen dan pangkalan. Seluruh SP(P)BE telah memperhitungkan perjalanan pengiriman LPG dari Depot LPG ke SP(P)BE, untuk mengantisipasi kemacetan karena adanya peningkatan jumlah arus kendaraan," tutur Erika.

Sementara itu, keamanan pasokan listrik di Sistem Kelistrikan Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, dan sebagian besar Indonesia Timur dijamin.

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN telah menyiapkan 1.853 pos siaga kelistrikan untuk menjamin pasokan listrik selama Nataru.

Selain itu, pasokan listrik untuk 2.378 gereja, 340 bandara, 629 stasiun kereta api, 247 terminal, 2439 pelabuhan, dan lokasi kegiatan keagamaan dibackup secara khusus.

"Pasokan listrik selama perayaan Natal dan Tahun Baru dalam kondisi aman. Namun terdapat penurunan beban puncak listrik pada saat Natal dan Tahun Baru dibandingkan beban puncak normal," ujar Sekretaris Ditjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Ida Nuryatin.

Baca juga : Siapkan Transportasi Aman Dan Terjangkau

Untuk sektor kebencanaan geologi, juga dibentuk Tim Tanggap Darurat Bencana Geologi.

Tim ini akan merespon dengan cepat terhadap setiap bencana yang terjadi, berjaga-jaga dalam waktu 24 jam, dan meningkatkan pemantauan gunung api di beberapa gunung api yang masih aktif.

Badan Geologi telah melaunching portal mitigasi bencana geologi melalui website https://www.bgl.esdm.go.id atau https://www.vsi.esdm.go.id.

"Peluncuran portal tersebut bertujuan agar masyarakat bisa mengakses secepat mungkin status gunung api," ujar Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi Kementerian ESDM Hendra Gunawan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.