Dark/Light Mode

Hadapi Natal dan Tahun Baru, BRI Siapkan Uang Tunai Rp 25,2 Triliun

Selasa, 21 November 2023 20:19 WIB
Menghadapi periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Nataru, BRI menyiapkan uang kas senilai Rp 25,2 triliun. (Ilustrasi BRI)
Menghadapi periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Nataru, BRI menyiapkan uang kas senilai Rp 25,2 triliun. (Ilustrasi BRI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menghadapi periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menyiapkan uang tunai senilai Rp 25,2 triliun.

Jumlah tersebut tercatat lebih rendah sebesar 5 persen dibandingkan dengan realisasi tahun lalu yang mencapai sebesar Rp 26,5 triliun.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto mengatakan, uang tersebut akan dialokasikan sebesar Rp 19,8 triliun untuk kebutuhan mesin e-Channel BRI berupa ATM & CRM, sementara sisanya sebesar Rp 5,4 triliun dialokasikan untuk Kantor Cabang BRI.

Baca juga : Honda PCX160 Punya Warna Terbaru, Harganya Mulai Rp 32,6 Jutaan 

"Penurunan kebutuhan uang tunai tersebut, selaras dengan preferensi transaksi nasabah yang bergeser ke transaksi digital atau secara cashless," jelasnya dalam keterangan resmi, Selasa (21/11/2023).

Hal ini terlihat dari migrasi transaksi ke digital yang meningkat signifikan. Penyediaan layanan berbasis digital BRI telah mampu memigrasi transaksi yang sebelumnya dilakukan secara konvensional oleh pekerja di banking hall.

“Sekitar 99 persen telah dilakukan melalui layanan berbasis digital baik melalui e-channel maupun platform digital yang dimiliki BRI. Sedangkan sisanya, atau 1 persen transaksi dilakukan masih secara konvensional di Kantor BRI,” katanya.

Baca juga : Didepan Ganjar, Ketua GMI Sampaikan Gagasan Generasi Milenial

Andrijanto mengungkapkan, untuk kemudahan bertransaksi, BRI terus mendorong nasabah agar menggunakan super apps BRImo.

Saat ini BRImo telah memiliki lebih dari 100 fitur yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan akan layanan keuangan yang terintegrasi dari manapun dan kapanpun.

Hingga akhir Oktober 2023 tercatat pengguna BRImo telah mencapai 30,4 juta user (meningkat 30 persen yoy) dengan volume transaksi mencapai Rp 3.353 triliun atau meningkat 60,8 persen yoy.

Baca juga : Catat Ya, Heru Cs Janji Jinakin Harga Pangan!

Disamping BRImo, BRI juga memiliki perpanjangan layanan perbankan yakni AgenBRILink, dimana hingga akhir Oktober 2023 BRI telah memiliki 710 ribu AgenBRILink yang tersebar di seluruh Indonesia.

Melalui AgenBRILink, masyarakat dapat melakukan transfer, melakukan penyetoran dan penarikan simpanan serta melakukan berbagai aktivitas perbankan sebagaimana di kantor bank.

“BRI berkomitmen untuk memberikan layanan yang optimal kepada Nasabah melalui berbagai jaringan baik berupa jaringan fisik konvensional (Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu, BRI Unit, dan lainnya), jaringan elektronik (ATM, CRM, EDC), digital dengan super apps BRImo, termasuk jaringan AgenBRILink yang prima hingga complain handling Nasabah yang optimal,” pungkas Andrijanto.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.