Dark/Light Mode

Resmikan Posko Pusat Terpadu, Menhub Pastikan Angkutan Nataru Berjalan Lancar

Selasa, 19 Desember 2023 16:36 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi (tengah) secara resmi membuka Posko Pusat Terpadu Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Nataru di Kantor Kementerian Perhubungan Kemenhub, Selasa (19/12/2023). (Foto: Dok. Kemenhub)
Menhub Budi Karya Sumadi (tengah) secara resmi membuka Posko Pusat Terpadu Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Nataru di Kantor Kementerian Perhubungan Kemenhub, Selasa (19/12/2023). (Foto: Dok. Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi secara resmi membuka Posko Pusat Terpadu Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Jakarta, Selasa (19/12/2023).

BKS-sapaan akrab Budi Karya Sumadi mengatakan, melalui posko ini, Kemenhub bersama pemangku kebijakan di jajaran TNI-Polri dan stakeholder lainnya akan bahu membahu melayani masyarakat yang akan mudik.

"Pergerakan Nataru adalah satu fenomena sosial, budaya, keagaamaan. Jadi, ini ujian semester 2. Ujian semester 1 ada mudik Lebaran. Kita harus sama siaganya dengan saat Lebaran," tegasnya.

Baca juga : Mentan-Wamenhan Kunjungi Gunung Mas, Pastikan Food Estate Berjalan Baik

Menhub mengungkapkan, potensi pergerakan nasional pada Nataru ini mencapai 107,63 juta orang atau 39,83 persen dari jumlah penduduk Indonesia.

 

Menhub Budi Karya Sumadi (kedua kiri) saat meresmikan Posko Pusat Terpadu angkatan Nataru di kantor Kemenhub, Selasa (19/12/2023). (Foto: Dok. Kemenhub)

 

Baca juga : Ganjar Pastikan Regulasi Kelautan Berpihak Pada Nelayan

Untuk itu, Kemenhub bersama stakeholder terkait telah melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi lonjakan tersebut.

"Kita sudah mengantisipasi lonjakan-lonjakan dan juga mengevaluasi angkutan Nataru tahun lalu, alhamdulilah lancar, aman terkendali,” ujarnya.

Menhub menilai, pada masa libur Nataru akan didominasi oleh pengendara motor.

Baca juga : Firli Ditahan Polda Metro, Dewas Pastikan Sidang Etik Jalan Terus

Ia mengimbau masyarakat tidak menggunakan sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh demi keselamatan.

"Kami ingin agar BUMN dan swasta bisa mengadakan mudik gratis agar pemudik motor bisa diminimalisir," ujar Menhub.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.