Dark/Light Mode

Kominfo Genjot Harmonisasi Data

SPBE Andal, Indonesia Maju

Rabu, 20 Desember 2023 08:40 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi. (Foto: Dok. FMB9)
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi. (Foto: Dok. FMB9)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perekonomian Indonesia dipastikan dapat tumbuh dengan cepat jika layanan Pemerintah Daerah (Pemda) handal. Untuk mewujudkannya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tengah membangun Pusat Data Nasional (PDN) yang akan diintegrasikan dengan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) milik daerah.

Menyelaraskan SPBE dengan PDN merupakan salah satu solusi menuju Indonesia maju. SPBE yang terkoneksi PDN, akan mampu melayani, menyajikan data dengan cepat dan lebih akurat, baik untuk mendukung kinerja birokrat maupun kebutuhan masyarakat.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengungkapkan, integrasi dan harmonisasi data nasional akan diwujudkan melalui PDN yang tengah disiapkan Pemerintah.

Baca juga : Ada dalam RPJMN, Literasi Jadi Tumpuan Wujudkan Indonesia Maju

“PDN akan mengumpulkan data-data Pemerintah yang saat ini berada di pusat data atau server di berbagai kementerian, lembaga dan Pemda. Melalui konsolidasi data, Pemerintah akan terus melakukan pemanfaatan data agar lebih efisien dan produktif,” kata Budi Arie, baru-baru ini.

Kehadiran SPBE yang terintegasi PDN akan memudahkan Pemda, Kementerian dan Lembaga, melakukan pengembangan layanan yang bersih dan bertanggung jawab.

Plt Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Kementerian Kominfo Aris Kurniawan mengungkapkan, upaya harmonisasi SPBE di Indonesia sejauh ini berjalan cukup baik. Kini, sudah terbentuk Tim Koordinasi SPBE Nasional yang dikoordinatori oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Baca juga : Kian Diapresiasi, Brand Lokal Indonesia Raih IBBA 2023

Aris menyebut tantangan terbesar untuk menerapkan harmonisasi SPBE di seluruh wilayah Indonesia adalah Sumber Daya Manusia (SDM) dan infrastruktur.

“Memang kita harus akui, untuk mendapatkan kualitas SDM yang bagus susah. Karena, gaji atau honor para SDM-nya setara dengan ASN itu yang relatif lebih kecil,” kata Aris dalam Talkshow Integrasi SPBE Pilar Transformasi Digital Indonesia: Harmonisasi Menuju Indonesia Maju, di Jakarta, Selasa (5/12/2023).

Selain SDM, persoalan infrastruktur juga menjadi salah satu kendala. “Harus diakui, kita baru dalam tahap membangun agar harmonisasi data dalam SPBE bisa berjalan dengan baik,” ucapnya.

Baca juga : Prabowo: Saya Percaya Sepak Bola Indonesia Akan Maju

Oleh karena itu, Kominfo mendorong Pemda membuat terobosan, terutama melahirkan peraturan untuk mendukung harmonisasi SPBE.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.