Dark/Light Mode

Jumlah Pengguna Angkutan Umum Saat Libur Nataru Naik 16 Persen

Kamis, 4 Januari 2024 18:36 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi menutup Posko Nataru. (Foto: Ist)
Menhub Budi Karya Sumadi menutup Posko Nataru. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Posko Pusat Natal dan Tahun Baru (Nataru) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat jumlah penumpang angkutan umum dari 19 Desember 2023-3 Januari 2024 naik 16,48 persen dibandingkan dengan Nataru tahun lalu.

Kemenhub juga mencatat jumlah kendaraan yang melintas di jalan tol yang keluar Jabodetabek mengalami peningkatan sebanyak 8,13 persen. Sedangkan jumlah kendaraan yang melintas di jalan tol yang masuk Jabodetabek mengalami peningkatan sebanyak 7,81 persen.

Baca juga : Seru! Ini Rekomendasi Destinasi Wisata Edukatif Saat Libur Tahun Baru Di Cepu

Sementara, berdasarkan data Polri, pada masa Nataru pada 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024. terjadi penurunan kecelakaan lalu lintas sebesar 12 persen dengan jumlah kecelakaan lalu lintas sebanyak 3.412 kejadian.

Sebelumnya, Menhub Budi Karya Sumadi juga mengatakan, selama libur Nataru, Kemenhub mencatat ada 126 juta pergerakan. Lonjakan pergerakan masyarakat di masa libur Nataru dapat diantisipasi dan berjalan dengan selamat, aman, nyaman dan lancar. Hal ini tercapai berkat koordinasi dan kolaborasi yang baik dari seluruh unsur terkait baik dari Kementerian/Lembaga, operator transportasi dan jalan tol, media massa dan masyarakat.

Baca juga : Anwar Usman Menggugat, Ketua MA Ingatkan Hakim PTUN Jakarta Jaga Independensi

“Dengan adanya lonjakan pergerakan, berarti kita harus merencanakan dan juga mengeksekusi dengan baik untuk mengurai kepadatan pergerakan di satu waktu tertentu. Alhamdulillah kita dapat melaksanakannya dengan baik, tentunya tidak lepas dari kerja sama kita semua,” sebut Menhub saat menutup Posko Nataru.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.