Dark/Light Mode

Tahun Depan, Tarif Listrik Nggak Naik

Pelanggan Bernapas Lega

Kamis, 28 Desember 2023 07:10 WIB
Direktur Jenderal Ketenagalistri­kan Kementerian ESDM Jisman P Hutajulu. (Foto : Dok. Diskominfo Kota Bogor)
Direktur Jenderal Ketenagalistri­kan Kementerian ESDM Jisman P Hutajulu. (Foto : Dok. Diskominfo Kota Bogor)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memutuskan tidak akan menaikkan tarif listrik untuk 13 golongan pelanggan nonsubsidi pada triwulan I (Januari-Maret) 2024. Pelanggan bisa bernapas lega.

Kebijakan tersebut bagian dari upaya Pemerintah melalui sektor ketenagalistrikan untuk menjaga daya saing para pelaku usaha, daya beli masyarakat, serta tingkat inflasi agar tetap stabil.

Baca juga : Yess, Tahun Baru, Tarif Listrik Tetap Lama

“Tarif listrik Januari sampai Maret 2024 diputuskan tetap,” kata Direktur Jenderal Ketenagalistri­kan Kementerian ESDM Jisman P Hutajulu dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (27/12/2023).

Sesuai ketentuan Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 28 Tahun 2016 junto Permen ESDM Nomor 8 Tahun 2023, penyesuaian tarif tenaga listrik bagi pelanggan nonsubsidi di­lakukan setiap tiga bulan.

Baca juga : Bitera Dapat Layanan Listrik Ultimate Premium dan REC dari PLN

Hal tersebut mengacu pada perubahan terhadap realisasi pa­rameter ekonomi makro, yakni kurs, Indonesian Crude Price (ICP), inflasi dan Harga Batu Bara Acuan (HBA).

Berdasarkan ketentuan tersebut, jelas Jisman, parameter ekonomi makro yang digunakan untuk tri­wulan I-2024, yaitu realisasi pada Agustus, September dan Oktober 2023 dengan kurs sebesar Rp 15.446,85/dolar Amerika Serikat (AS), ICP sebesar 86,49 dolar AS/barel, inflasi 0,11 persen dan HBA sebesar 70 dolar AS/ton sesuai kebijakan Domestic Market Obli­gation (DMO) batu bara.

Baca juga : Soal Pencalonan Gibran, Yusril: KPU Tak Lakukan Pelanggaran Etik Apa Pun

Jisman juga melaporkan, tarif listrik untuk 25 golongan pe­langgan bersubsidi juga tidak mengalami perubahan dan tetap diberikan subsidi listrik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.