Dark/Light Mode

Ekspornya Tembus 187 Miliar Dolar AS

Membanggakan, Industri Manufaktur Kita Diakui Dunia

Jumat, 19 Januari 2024 07:30 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. (Foto: Dok. Kemenperin)
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. (Foto: Dok. Kemenperin)

 Sebelumnya 
Industri manufaktur nasional bertaji di kancah global, juga ditunjukkan dari laporan Safe­guard Global yang menyebut­kan, Indonesia masuk 10 besar penyumbang produk manu­faktur dunia, yang sekaligus satu-satunya negara ASEAN di dalam daftar tersebut. Ber­dasarkan publikasi tersebut, Indonesia berkontribusi sebesar 1,4 persen kepada produk manu­faktur global. Posisi prestisius ini merupakan kenaikan yang berarti, karena pada empat ta­hun yang lalu, Indonesia masih berada di posisi 16.

Sepanjang Januari-Desember 2023, pangsa pasar ekspor indus­tri pengolahan Indonesia masih terkonsentrasi di negara Tiong­kok dengan share 23,60 persen, disusul Amerika Serikat (12,25 persen), dan India (6,33 persen).

Baca juga : Ekspornya Tembus 187 Miliar Dolar AS, Industri Manufaktur RI Diakui Dunia

Pada tahun 2024, dipredik­si aktivitas ekonomi global masih menghadapi risiko dan ketidakpastian, tercermin pada proyeksi perlambatan pertum­buhan ekonomi global oleh berbagai lembaga internasional yang juga diikuti oleh moderasi harga komoditas. Hal ini secara langsung akan memberikan pengaruh terhadap aktivitas perdagangan Indonesia pada Tahun Naga Kayu.

“Oleh karena itu, pemerintah akan terus memantau dampak dari kondisi global terhadap ekspor nasional, serta menyiap­kan langkah-langkah yang antisipatif melalui keberlanjutan ke­bijakan strategis seperti hilirisasi sumber daya alam, peningkatan daya saing produk manufaktur yang berorientasi ekspor, serta melakukan diversifikasi negara mitra dagang utama atau mem­bidik negara nontradisional sebagai tujuan pasar ekspor,” paparnya.

Baca juga : Ganjar-Mahfud Akan Kawal Pembangunan Infrastruktur Telekomunikasi

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 19/1/2024 dengan judul Ekspornya Tembus 187 Miliar Dolar AS, Membanggakan, Industri Manufaktur Kita Diakui Dunia    

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.