Dark/Light Mode

Sediakan Internet Gratis Bagi Pelajar

Ganjar-Mahfud Akan Kawal Pembangunan Infrastruktur Telekomunikasi

Selasa, 9 Januari 2024 11:53 WIB
Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Foto: Istimewa
Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres-Cawapres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD berkomitmen mengawal pengadaan BTS 4G BAKTI Kominfo agar rampung tepat waktu dan dapat segera digunakan oleh masyarakat.

Pembangunan infrastuktur layanan internet juga akan dipastikan dilakukan di seluruh daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) wilayah Indonesia.

Upaya ini dilakukan untuk dapat menjalankan program internet gratis (GratisIn) yang masuk dalam visi dan misi Ganjar-Mahfud, jika terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029. Program GratisIn diluncurkan di Borsumy Heritage Semarang, Jawa Tengah, Senin (1/1/2024) lalu.

Baca juga : Ekonom Apresiai Ganjar-Mahfud Terapkan Ekonomi Hijau Pembangunan Nasional

Program GratisIn adalah program pengadaan internet gratis, super cepat dan merata bagi pelajar. Cawapres 2024 Mahfud MD menjelaskan internet gratis sudah menjadi sebuah kebutuhan masyarakat.

Namun, pada praktiknya tidak semua pelajar atau sekolah mampu membeli kuota internet. Kendala yang dihadapi pelajar dari keluarga tidak mampu, jelasnya, tidak ada uang.

Sedangkan, di sejumlah daerah lain, terutama pedalaman, masih banyak yang tidak memiliki jaringan internet yang dapat diakses.

Baca juga : Ganjar Untuk Semua Doakan Kelancaran Ganjar-Mahfud Menuju Kepemimpinan Nasional

"Setelah infrastrukturnya tersedia, harus dipastikan bahwa para pelajar mendapatkan kuota internet. Jadi, semua infrastruktur yang telah dibangun berkelanjutan, tidak diabaikan, karena masyarakat tidak mampu membeli kuota intenet," jelas Mahfud.

Dengan demikian, paparnya lagi, program internet gratis adalah salah satu bentuk kebijakan yang mengawal dan memastikan realisasi program pembangunan pemerintahan sebelumnya berkelanjutan.

Dia menambahkan, program internet gratis dapat juga dimanfaatkan oleh pelaku UMKM, pelaku industri kreatif hingga profesional, seperti jurnalis yang bertugas di seluruh Indonesia.

Baca juga : Siapkan Lapangan Kerja, Ganjar Janji Bakal Bangun Peta Jalan Selatan Selatan

Lebih jauh, dia mengatakan program internet gratis tidak hanya perlu dukungan infrastruktur telekomunikasi informasi dalam bentuk fisik, seperti BTS dan perangkat komputer, tetapi juga dukungan kebijakan.

Untuk itu, pihaknya sedang menyusun anggaran yang dibutuhkan, serta prosedur mendapatkan internet gratis bagi para pelajar. Dia meyakini jika anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) dikelola dengan efisien dan transparan, maka dana yang dibutuhkan akan dapat dipenuhi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.