Dark/Light Mode

Lewat Ngobras, Kominfo Ajak Masyarakat Jaga Data Diri

Jumat, 19 Januari 2024 18:29 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Kerahasiaan data diri penting sekali untuk dijaga. Sudah banyak kasus kebocoran data yang sangat merugikan korbannya.

Teranyar, seorang petani di Bekasi, Jawa Barat ditagih utang dari pinjaman online sebesar Rp 4 miliar, padahal menurut pengakuannya ia tidak pernah mengajukan utang kepada pinjaman online.

Diduga, oknum tak bertanggung jawab memanfaatkan data diri atau data pribadi petani nahas tersebut untuk kepentingan pribadinya.

Baca juga : Disambut Meriah Warga Blora, Prabowo Rasakan Energi Masyarakat: Kuat Genggam Tangan Saya

Kasus ini menunjukkan masih banyak masyarakat Indonesia yang belum sadar betapa pentingnya kerahasiaan data diri.

Hal ini ditekankan Anggota Komisi I DPR RI, Subarna dalam diskusi Ngobrol Bareng Legislator yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Jumat (19/1/2024).

"Kami sangat prihatin bahwa masih banyak masyarakat yang belum sadar betapa pentingnya kerahasiaan data," ujarnya.

Baca juga : Doakan Ganjar-Mahfud Menang Pilpres, Ribuan Masyarakat Magetan Bersholawat

Parahnya lagi, lanjutnya, kasus kebocoran data diri terus terjadi dan kian bertambah.

"Indonesia menempati peringkat ketiga jumlah akun terbanyak yang alami kebocoran data, dengan lebih dari 12 juta akun yang diretas dan kasusnya terus meningkat setiap bulannya," tegasnya.

Perlindungan terhadap data diri masyarakat Indonesia sebenarnya sudah jadi amanah para pendiri bangsa.

Baca juga : Dewas KPK Terima 67 Aduan Masyarakat Terkait Dugaan Pelanggaran Etik Selama 2023

Hal tersebut tertera dalam poin satu naskah Tujuan Negara Republik Indonesia poin satu yang bertuliskan "Melindungi Segenap Bangsa Indonesia dan Seluruh Tumpah Darah Indonesia".

"Dalam narasi itu di era sekarang termasuk dalam melindungi keselamatan masyarakat Indonesia dalam hal perlindungan data diri," tutup Afdhal Mahatta, Dosen Tetap Studi Hukum Universitas Agung Podomoro.

Afdhal, juga menjadi pembicara dalam agenda Ngobras yang diselenggarakan Kominfo bertajuk "Hati-hati Jaga Data Diri", Jumat (19/1/2024) itu. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.