Dark/Light Mode

Tinjau Banjir Di Muratara, PJ Gubernur Sumsel Imbau Masyarakat Jaga Lingkungan

Minggu, 21 Januari 2024 20:50 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni meninjau lokasi banjir di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara).

Fatoni melihat dari dekat masyarakat terdampak dan Posko Induk Penanggulangan Bencana Banjir yang telah didirikan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) setempat bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel di sekitar bantaran Sungai Rawas, Kecamatan Ulu, Kabupaten Muratara.

Fatoni juga secara langsung menyerahkan bantuan secara simbolis kepada masyarakat terdampak banjir.

Di antaranya, 7.750 kilogram beras, 570 paket sembako, 50 lembar matras, 70 paket makanan siap saji, 500 paket biskuit, peralatan medis dan obat-obatan. 

"Apa yang terjadi di Muratara ini ikut kami rasakan," kata Fatoni, Minggu (21/1/2024).

Baca juga : Pakai Perahu Karet, Pj Gubernur Sumsel Antar Langsung Bantuan Ke Rumah Warga

Fatoni mengaku sejak awal mendapat informasi banjir di Kabupaten Muratara terus melakukan pemantauan dan monitoring jarak jauh dengan Bupati Muratara Devi Suhartoni.

"Bantuan telah kita berikan sejak awal begitu mendengar kabar bencana dari Muratara. Bantuan tersebut berupa bantuan pangan, pakaian, peralatan termasuk juga tim dari tenaga medis dan tim reaksi cepat dari BPBD Sumsel. Ini semua adalah upaya kita dalam menghadapi bencana yang ada di Sumsel," jelasnya.

Kemudian, Fatoni juga mengajak dan menghimbau masyarakat di sekitar aliran Sungai Rawas Kecamatan Rawas Ulu untuk bersama-sama melakukan antisipasi banjir.

Di antaranya, dengan menjaga kelestarian alam dan lingkungan sekitar.

Dia berharap, masyarakat bersama Pemda terus melakukan gotong royong, bahu membahu dalam menghadapi bencana.

Baca juga : Mimpi Besar Prabowo: Perut Masyarakat Indonesia Kenyang Berkelanjutan

Ia mengajak masyarakat untuk bersama mengantisipasi banjir dengan cara menjaga lingkungan sekitar.

Jangan ada yang tersumbat, kelola sampah dengan baik, hindari membangun rumah di pinggir sungai, buat sumur resapan dan lakukan reboisasi pohon setelah menebang pohon.

"Kita harus siap kapan saja, ketika bencana datang kita perlu antisipasi sejak awal dan juga harus siap menghadapi ketika sudah terjadi bencana. Ini akan kita lakukan terus menerus secara gotong royong antara Pemerintah Pusat, Provinsi, maupun Kabupaten dan Kota," tuturnya.

Bupati Muratara Devi Suhartoni berterima kasih kepada Pj Gubernur dan jajaran yang telah membantu masyarakat Muratara yang terdampak banjir.

"Terima kasih kepada Pak Gubernur yang telah merespon dengan cepat memberikan bantuan. Saat dihubungi melalui telepon beliau selalu merespon dengan baik," ungkapnya.

Baca juga : Tangani Banjir, OPD Sumsel Diminta Rapatkan Barisan

Sekadar informasi, terdapat enam Kecamatan di Muratara yang terdampak banjir, yaitu Kecamatan Ulu Rawas, Rawas Ulu, Karang Jaya, Karang Dapo, Rawas Ilir dan Rupit.

Sebanyak 57 desa terdampak banjir tersebut yang mengakibatkan 6 jembatan terputus.

Namun, Devi menuturkan, saat ini kondisi banjir di Kabupaten Murata kian hari semakin surut.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.