Dark/Light Mode

BNPT: Gaungkan Pemilu Damai, FKPT Dan Duta Damai Sumut Harus Ikut Jaga Persatuan

Kamis, 25 Januari 2024 22:42 WIB
Foto: BNPT
Foto: BNPT

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) berkomitmen turut serta menciptakan pelaksanaan pesta demokrasi yang aman dan damai.

Untuk itu, Kepala BNPT Komjen Rycko Amelza Dahniel mengimbau Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) dan Duta Damai Sumatera Utara (Sumut) agar selalu menjaga persatuan.

"Tugas kita adalah menjaga persatuan jangan sampai ada disintegrasi," kata Rycko, dalam Kegiatan Audiensi Kepala BNPT bersama FKPT dan Duta Damai Sumut, seperti keterangan yang diterima RM.id, Kamis (25/1/2024).

Baca juga : BNPT Ajak FKPT dan Duta Damai Sumut Wujudkan Pemilu Damai

Rycko juga berpesan agar pilihan yang berbeda tidak menjadi alasan untuk terpecah apalagi menjadi dasar untuk menggunakan kekerasan.

"Silakan pilihan berbeda, tapi tetap jaga kedamaian hindari kekerasan," ingatnya. 

Ketua FKPT Sumut Ishaq Ibrahim mengatakan, sejatinya telah melakukan berbagai langkah nyata untuk menciptakan pemilu yang damai di Sumatera Utara.

Baca juga : Senangnya Perempuan Di Lombok Barat Ikut Senam Sehat Ganjar-Mahfud

"Kita sudah melakukan upaya untuk menciptakan pemilu damai. FKPT selalu memberi pencerahan kepada masyarakat melalui khutbah Jumat, melalui pengajian, remaja masjid hingga karang taruna, kita berupaya sedini mungkin membendung munculnya ideologi kekerasan," ujarnya.

Berbeda dengan FKPT, Duta Damai memulai langkah pemilu damai dari media sosial.

"Kami berkampanye di media sosial dengan tagline, beda pilihan bukan menjadi halangan, tetap kami berusaha bagaimana menciptakan Pemilu damai,” kata Koordinator Duta Damai Sumut Dewi Sartika.

Baca juga : BPK Sebut Mentan Pemimpin Tegas, Ciptakan Sejarah Baru Perkuat Pangan

Kegiatan ini ditutup dengan sesi diskusi mengenai evaluasi program dan halangan yang dihadapi sepanjang tahun 2023 serta penyiapan program kegiatan tahun 2024.

Total, 18 orang anggota Duta Damai dan 9 orang pengurus FKPT Sumut mengikuti kegiatan ini.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.