Dark/Light Mode

BNPT: Generasi Muda Sasaran Utama Kelompok Radikalisme

Minggu, 4 Februari 2024 21:40 WIB
Foto: BNPT
Foto: BNPT

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Rycko Amelza Dahniel meminta Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) dan Duta Damai Jawa Barat (Jabar) untuk waspada, lantaran sasaran kelompok radikalisme adalah menjadikan para generasi muda intoleran.

"Yang disasar generasi muda. Yang dihancurkan pertama kali adalah sifat, sikap dan pandangan toleransinya. Lalu nantinya diajarkan kebencian, kekerasan, kekejian dan kebiadaban, pakai bungkus agama," kata Rycko, saat bersilaturahmi dengan FKPT dan Duta Damai Jawa Barat, di Bandung, seperti keterangan yang diterima RM.id, Minggu (4/2/2024).

Baca juga : Prabowo Renovasi Graha Utama Akmil, Diresmikan Jokowi

Ia menjelaskan, proses penyebaran ideologi ini menyasar kepada keyakinan generasi muda dengan diperkuat oleh narasi-narasi perintah agama.

"Ideologi ini membuat orang menjadi yakin bahwa apa yang dilakukan itu merupakan perintah agama," tegasnya.

Baca juga : Kunjungi Polda Sumut, Kepala BNPT: Jaga Generasi Muda, Jangan Abai dan Lengah

Rycko juga berpesan kepada FKPT dan Duta Damai Jabar untuk lebih gencar lagi dalam mengingatkan masyarakat akan bahaya, ideologi kekerasan.

"Adik-adik adalah Ambassador, memiliki amil tugas untuk menyampaikan dalam bentuk memberi kesadaran dan pengetahuan. Kita harus lebih masif lagi menyampaikan pengetahuan tentang bahaya, ciri ciri, karakteristik dan dampak dari ideologi kekerasan dengan cara masing-masing," ingatnya. 

Baca juga : Pesta Demokrasi, Masyarakat Harus Tetap Damai Di Dunia Digital

Terakhir, dengan tegas Rycko menyampaikan untuk melakukan blokir terhadap media sosial yang berupaya menyebarkan ideologi kekerasan.

"Kalau menemukan di lingkungan kerabat dan keluarga, Ada yang masuk lewat medsos, Blok dan jangan Share," tegas Rycko.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.