Dark/Light Mode

BNPT: Perlu Penyesuaian Kelembagaan Untuk Perkuat Pencegahan Dan Deradikalisasi

Kamis, 18 Januari 2024 14:13 WIB
Foto: Humas BNPT
Foto: Humas BNPT

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Bangbang Surono mengatakan, perlu penyesuaian kelembagaan BNPT untuk memperkuat tugas dan fungsi pencegahan terorisme sesuai mandat Undang-undang No. 5 Tahun 2018.

“Penyesuaian struktur harus dilakukan agar bisa bekerja dengan baik yaitu menjaga keberlangsungan keutuhan NKRI, ini yang dimandatkan kepada kami menurut Undang-undang,” kata Bangbang.

Hal itu disampaikannya saat melakukan audiensi bersama Asisten Deputi Hubungan Lembaga Negara dan Pemerintah Kementerian Sekretariat Negara, serta Asisten Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana Politik, Hukum, Keamanan, dan Pemerintah Daerah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, seperti keterangan yang diterima RM.id, Kamis (18/1/2024).

Baca juga : Peningkatan Literasi Membaca dan Menulis Berbasis Pembuatan Media Publikasi

Selain menjalankan amanat UU, Bangbang mengatakan, penyesuaian organisasi juga dilakukan demi memperkuat program deradikalisasi.

Diakuinya, penguatan deradikalisasi merupakan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada saat pelantikan Kepala BNPT Komjen Rycko Amelza Dahniel, pada April 2023.

“Ini juga menjadi pesan Bapak Presiden kepada Kepala BNPT untuk memperkuat deradikalisasi,” imbuhnya.

Baca juga : Menteri Siti Sukses

Saat ini BNPT memiliki 3 Deputi yakni Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi, Deputi Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan, serta Deputi Kerja Sama Internasional. 

Bangbang optimis, dengan adanya pengembangan organisasi, BNPT dapat lebih optimal dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Hasil audiensi ini akan segera ditindaklanjuti. Adapun penyesuaian struktur akan dikoordinasikan dengan Kementerian/Lembaga terkait.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.