Dark/Light Mode

BNPP Dan Bakamla Jalin Kerja Sama, Perkokoh Kedaulatan RI Di Perbatasan Laut

Kamis, 22 Februari 2024 22:45 WIB
Foto: BNPP
Foto: BNPP

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) dan Badan Keamanan Laut (Bakamla) mengukuhkan hubungan kerja sama untuk memperkokoh kedaulatan Republik Indonesia di perbatasan laut dengan negara-negara tetangga.

Kesepakatan ini dipetakan dalam dialog antara Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP Irjen Makhruzi Rahman dengan Kepala Bakamla Laksamana Madya (Laksdya) TNI Dr. Irvansyah, di Kantor Bakamla.

"BNPP mengoordinir 27 Kementerian dan Lembaga, di antaranya Bakamla. Oleh karena itu, kerja sama yang solid dalam penanganan perbatasan adalah suatu keharusan," tegas Makhruzi, seperti keterangan yang diterima RM.id, Kamis (22/2/2024).

Deputi Makhruzi menjelaskan, BNPP adalah Badan yang diberi kewenangan oleh Undang-Undang di bidang pengelolaan batas wilayah negara dan kawasan perbatasan.

Baca juga : Sinergi BUMN, PLN Icon Plus dan Pos Indonesia Jalin Kerja Sama Strategis

Tugas BNPP, lanjutnya, adalah menetapkan kebijakan program pembangunan perbatasan, menetapkan rencana kebutuhan anggaran, mengkoordinasikan pelaksanaan.

"Dan melaksanakan evaluasi dan pengawasan terhadap pengelolaan Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan," urainya.

Dalam kunjungannya ke Kantor Bakamla, Deputi Makhruzi bersama para Asisten Deputi dan Kepala Biro di lingkungan BNPP menjajaki bentuk kerjasama yang dapat dilakukan oleh kedua lembaga tersebut.

Fokus utamanya adalah pada pengamanan pulau-pulau kecil terluar dan penguatan fungsi Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Pulau Terluar (Pam Puter) yang berjaga di pulau-pulau yang berbatasan langsung dengan negara tetangga.

Baca juga : Mastercard Jalin Kerjasama dengan ALTO, Perluas Jaringan Kartu Debit Domestik

"Kami siap bekerja sama dengan Bakamla terkait Pengelolaan Batas Wilayah negara, khususnya yang berkaitan dengan masalah Keamanan Laut di Kawasan Perbatasan," tandasnya.

Bakamla menyambut baik usulan dari BNPP terkait peninjauan lokasi rencana pembangunan Mercusuar di Karang Singa, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau.

"Kami berkomitmen untuk mendukung upaya peningkatan keamanan dan kedaulatan di perbatasan laut Indonesia," kata Laksamana Madya (Laksdya) TNI Dr. Irvansyah.

Dalam waktu dekat, harapnya, BNPP dan Bakamla akan melakukan peninjauan bersama di lapangan untuk mengevaluasi lokasi rencana pembangunan Mercusuar di Karang Singa, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau.

Baca juga : RI-Oman Bakal Teken Nota Kesepahaman Penanggulangan Terorisme

"Kami akan menyiapkan dokumen untuk merumuskan Perjanjian Kerjasama antara BNPP dan Bakamla terkait Keamanan Laut di Kawasan Perbatasan Negara," pungkasnya.

Dengan memperkokoh kerja sama antara BNPP dan Bakamla, diharapkan kedaulatan Republik Indonesia di perbatasan laut semakin terjaga dan diperkuat, memberikan keamanan serta kepastian bagi seluruh warga negara Indonesia.

Semoga langkah-langkah ini dapat menjadi landasan kuat bagi upaya pengelolaan perbatasan yang lebih efektif dan efisien demi kepentingan bangsa dan negara.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.