Dark/Light Mode

RI-Oman Bakal Teken Nota Kesepahaman Penanggulangan Terorisme

Jumat, 16 Februari 2024 17:53 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia diwakili oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Oman segera mengimplementasikan semangat kerja sama penanggulangan terorisme.

Kedua negara bakal meneken nota kesepahaman kerja sama anti terorisme.

"Semangat kerja sama yang kuat antara kedua bangsa Indonesia dan Oman, diimplementasikan melalui persiapan draft Nota Kesepahaman dalam bidang penanggulangan terorisme antara BNPT dan The National Counter-Terrorism Committee (NCTC)," jelas Kepala BNPT Komjen Rycko Amelza Dahniel, dalam Pertemuan dengan Duta Besar Kesultanan Oman untuk Indonesia, Y.M. Sheikh Mohamed Ahmed Salim Al Shanfari, di Kantor Pusat BNPT, Sentul, Bogor, seperti keterangan diterima RM.id, Jumat (16/2/2024).

Baca juga : Bang Zaki Dorong Daerah Manfaatkan Peluang Perdagangan Karbon

Rycko menyebut, selama ini Indonesia memandang Oman sebagai negara yang menjunjung nilai perdamaian dan ketertiban internasional.

"Indonesia memandang Kesultanan Oman sebagai negara dengan nilai-nilai perdamaian dan ketertiban internasional," ungkapnya. 

Sementara itu, Duta Besar Kesultanan Oman untuk Indonesia, Y.M. Sheikh Mohamed Ahmed Salim Al Shanfari turut mengapresiasi, prestasi penanggulangan terorisme Indonesia dimana sepanjang tahun 2023 tidak ada satu pun aksi terorisme.

Baca juga : BNPT: Terus Perangi Propaganda Terorisme yang Ancam Pemilu

"Negara ini indah kaya akan budaya damai, bahkan zero terrorist attack tahun 2023. Saya harap Indonesia selalu memandang ke depan dan menjaga generasi mudanya," tuturnya.

Sebelumnya, Komite Nasional Penanggulangan Terorisme atau NCTC Oman telah mengunjungi BNPT pada 2019.

Adapun beberapa isu yang dibahas, antara lain prioritas penanggulangan terorisme nasional, manajemen pejuang teroris asing dan praktik-praktik baik dalam perang melawan terorisme.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.