Dark/Light Mode

Gelontorin Rp 9 Miliar, Kemenhub Gelar Mudik Motor Gratis

Jumat, 1 Maret 2024 23:36 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menggelar program mudik motor gratis (motis) untuk Lebaran tahun ini.

Anggaran yang digelontorkan untuk program motis ini mencapai Rp 9 miliar.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian Kemenhub Arif Anwar mengatakan, pendaftaran program ini akan dibuka mulai Senin (4/3/2024).

Adapun, kuota yang disiapkan mencapai 28.196 penumpang dan 12.180 unit sepeda motor.

Baca juga : Heboh Konten Ulat Pembunuh Manusia, Kemenkes Pastikan Hoaks

"Masyarakat dapat melakukan pendaftaran motis melalui laman mudik gratis.dephub.go.id," kata Arif, di Jakarta, Jumat (1/3/2024).

Arif menjelaskan, untuk dapat mengikuti program motis, masyarakat diharapkan dapat memperhatikan persyaratan-persyaratan yang sudah ditetapkan yaitu, KTP, SIM, kartu keluarga (KK), dan STNK.

Selain itu, masyarakat juga hanya diperbolehkan membawa motor di bawah kapasitas 200 cc.

Untuk verifikasi, masyarakat harus membawa dokumen persyaratan yang sudah disebutkan di atas dalam bentuk asli dan juga fotokopi di stasiun yang telah ditunjuk

Baca juga : Duh, Gaji Henderson Rp 7 Miliar Per Pekan Belum Dibayar Al Ettifaq

"Pendaftaran per jadwal keberangkatan, kami batasi maksimal H-1 sebelum jadwal tersebut berangkat karena kami juga harus siapkan untuk pengangkatan motor-motornya," ingatnya. 

Arif memastikan, untuk menarik minat masyarakat mengikuti program motis, pemudik akan diberikan fasilitas untuk membeli tiket dengan harga terjangkau di kisaran Rp10.000-Rp 20.000.

Sedangkan motor pemudik yang diangkut dengan kereta api, tidak dipungut biaya alias gratis. 

Sekadar informasi, program motis ini akan diberangkatkan mulai 2-8 April atau selama 8 hari. Sementara itu, angkutan balik motor berlangsung 13-19 April 2024.

Baca juga : Generasi Muda Mesti Peduli Sektor Pertanian

Sementara tarif angkutan motis Lebaran di jalur utara, yakni Cilegon-Pasar Senen-Semarang Tawang dan sebaliknya untuk 0-290 km dikenakan biaya Rp 10.000, lebih dari itu dikenakan Rp 20.000 per orang.

Motis Lebaran jalur tengah, yakni Pasar Senen-Purwokerto-Kutoarjo dan sebaliknya dengan jarak 0-226 km dikenakan tarif Rp 10.000, lebih dari 226 km dikenakan Rp 20.000 per orang.

Sementara itu, motis Lebaran jalur selatan, yakni Pasarsenen-Kiaracondong-Madiun dan sebaliknya pada jarak 0-358 km dikenakan tarif Rp 10.000 per orang, sedangkan lebih dari 358 km dikenakan Rp 20.000 per orang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.