Dark/Light Mode

Penguatan Pangan Bareng FAO

Generasi Muda Mesti Peduli Sektor Pertanian

Rabu, 17 Januari 2024 07:30 WIB
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. (Foto: Dok. KSP)
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. (Foto: Dok. KSP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kantor Staf Presiden (KSP) melakukan kerja sama dengan Organisasi Pangan dan Pertanian (Food And Agriculture Organization/FAO). Kolaborasi ini dilakukan sebagai upaya untuk mendukung penguatan ketahanan pangan nasional.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menjelaskan, kerja sama dengan organisasi naungan PBB ini akan difokuskan untuk menjalankan proyek pelatihan regenerasi petani Indonesia.

Kawula muda akan didorong untuk ikut peduli dengan sektor pertanian. Langkah ini dirancang dengan metode modern yang didukung oleh Pemerintah.

Baca juga : Gus Halim Ingatkan Pembangunan Desa Harus Jadi Prioritas Indonesia

“Karena regenerasi petani menjadi perhatian, tidak hanya di Indonesia. Namun juga di berbagai negara,” jelas Moel­doko dalam keterangan pers di Jakarta, Selasa (16/1/2024).

Menurutnya, pertanian memi­liki peran besar dalam sebuah negara. Karena itu, sektor tani perlu mendapat perhatian dan dukungan yang besar.

Generasi muda pun ha­rus didorong untuk memahami pentingnya bertani dengan cara modern dan manfaat yang di­hasilkan, sehingga mereka ter­tarik untuk melakukan aktivitas bertani.

Baca juga : 2.222 Pengusaha Bela Bangsa Deklarasi Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran

“Ini penting karena kondisi pertanian terus menurun, sementara jumlah penduduk global semakin meningkat,” ucapnya.

Dia mengungkapkan, kerja sama dengan FAO ini rencananya akan dimulai dengan men­jalankan proyek percontohan di Cibubur, Jawa Barat dan Lampung.

FAO memberi bantuan Tech­nical Corporation Program (TCP) senilai 466 ribu dolar AS (setara Rp 7,2 miliar) kepada Indonesia.

Baca juga : Ramuan Ganjar Maksimalkan Tekad Anak Muda Majukan Pertanian, Modernisasi!

“Melalui proyek percontohan yang akan diimplementasikan di Buperta Cibubur dan Lampung, kami ingin menunjukkan kepada anak muda bagaimana cara ber­tani model baru menggunakan metode smart farming,” beber Moeldoko.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.