Dark/Light Mode

Menteri Erick Bikin BUMN Makin Informatif Dan Transparan

Jumat, 8 Maret 2024 11:30 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir di ajang BCOMSS 2024, di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Kamis (7/3/2024) malam. (Foto:RM.id/Khairizal Anwar)
Menteri BUMN Erick Thohir di ajang BCOMSS 2024, di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Kamis (7/3/2024) malam. (Foto:RM.id/Khairizal Anwar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Transformasi yang dilakukan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam empat tahun terakhir, telah membawa sejumlah perubahan, di antaranya peningkatan keterbukaan informasi publik (KIP) yang terjadi di BUMN saat ini.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, untuk mengapresiasi perubahan tersebut, pihaknya menyelenggarakan BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) yang sudah memasuki tahun keempat.

Baca juga : Berkat Transformasi, Menteri Erick Bawa BUMN Semakin Informatif Dan Transparan

"Ajang BCOMSS ini, menjadi salah satu upaya BUMN dalam meningkatkan transparansi terhadap publik. Kami terus mendorong keterbukaan informasi sebagai bagian dari tata kelola perusahaan yang baik," ujar Erick, saat memberi sambutan dalam ajang BCOMSS 2024, di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Kamis (7/3/2024) malam.

Erick yang juga Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) ini menilai, peningkatan keterbukaan informasi BUMN pada 2024 naik 2.500 kali lipat dibandingkan pada tahun 2019 di awal ia menjabat.

Baca juga : Seleris Jadi Solusi Inovatif Dan Kreatif Bantu Lembaga Keuangan

"Waktu itu, hanya ada satu BUMN yang memiliki status informatif dengan baik. Saat ini, hanya tersisa enam BUMN dengan status tidak informatif," ungkapnya.

Ia menyadari, masih ada beberapa perusahaan yang tidak bisa memberikan informasi secara berkala. Hal ini, bergantung pada informasi yang perlu dishare oleh masing-masing perusahaan.

Baca juga : Seleris Luncurkan Platform Masa Depan Untuk Asuransi Jiwa dan Kesehatan

"Ini kan bicara tahun 2023, ada enam BUMN yang belum informatif, seperti Inalum, Reasuransi, Asabri, Bulog, Danareksa, Bahana Pembinaan Usaha Indonesia. Tapi, hampir semua sudah meningkatkan keterbukaan informasinya," tandasnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.