Dark/Light Mode

Kakorlantas dan Menhub Cek Jalur Arus Mudik Di Jabar

Minggu, 10 Maret 2024 13:06 WIB
Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan dan Menhub Budi Karya Sumadi mengecek jalur arus mudik Lebaran 2024, di Jawa Barat, Sabtu (9/3/2024).  (Foto: Ist)
Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan dan Menhub Budi Karya Sumadi mengecek jalur arus mudik Lebaran 2024, di Jawa Barat, Sabtu (9/3/2024). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Aan Suhanan bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengecek jalur arus mudik di Jawa Barat.

Menhub tiba di Bandara Internasional Kertajati, Jabar, pada Sabtu (9/3/2024). Kedatangan Menhub disambut Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan. Dari bandara, keduanya melanjutkan perjalanan untuk mengecek jalur menuju Gerbang Tol Cisumdawu Utama, KM 153, dan Gerbang Tol Palimanan KM 188.

Dalam kesempatan tersebut, Irjen Aan Suhanan mengatakan, kunjungan ini untuk memastikan pengelolaan arus lalu lintas pada saat puncak arus mudik dan balik Lebaran 2024. Diharapkan dapat menghindari titik-titik krusial yang ada di Gerbang Tol Cisumdawu. 

Baca juga : Kakorlantas Resmikan Ruang Traffic Accident Analysis: Bukti Transformasi Digital

"Ada beberapa tadi kita tinjau yang pertama gerbang tol Cisumdawu Utama ada arus yang datang dari Bandung nanti akan bertemu di Cipali KM 152. Cipali ini akan terjadi bottleneck," kata Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan, dalam keterangan tertulis, Minggu (10/3/2024).

Aan menambahkan, dari Cisumdawu ada dua lajur kemudian bertemu di Cipali ada dua lajur. "Ini akan menjadi empat lajur sehingga untuk memastikan pertemuan ini bisa berjalan tetap smooth sehingga perlambatan bisa dikurangi," tegasnya. 

Ia juga mengungkapkan, pada KM 188 gerbang tol Palimanan juga masih menjadi titik krusial yang masih sering terjadi kecelakaan dan menjadi perhatian pada saat arus mudik-balik lebaran 2024. 

Baca juga : Temui KSPSI Subang, Andi Gani: Membela Hak Buruh Harus Terus Digelorakan

"Di KM 188 ini juga krusial, ini masih ada gerbang eks palimanan. Di sini sering terjadi kecelakaan di gerbang ini sehingga menjadi perhatian kita pada saat arus mudik dan balik ini akan kelola sehingga harus tetap lancar untuk kecelakaan juga bisa kita tekan," paparnya. 

Sementara itu, Menhub Budi Karya menyampaikan, dengan adanya tinjauan diharapkan arus mudik-balik Idul Fitri 2024 berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan. 

"Mudik ini harus lancar nggak ada masalah, biasanya mudik itu akan lancar kalau kita berkolaborasi," ujar Menhub. 

Baca juga : Pelatih PSG Pastikan Mbappe Cabut Akhir Musim Ini

Menhub mengatakan, bersama Kakorlantas mengecek kesiapan di KM 188 Cipali untuk memastikan nanti mudik berjalan dengan baik, lancar, aman dan nyaman. "Saya melihat bahwa kolaborasi kami berjalan dengan baik dan semoga apa yang kita laksanakan berjalan dengan lancar," tutup Budi Karya Sumadi. 

Sebelumnya, Korlantas Polri telah melakukan survei kesiapan Operasi Ketupat 2024 di jalur Tol Trans Jawa, untuk memetakan arus lalu lintas yang akan terjadi pada libur Lebaran 2024. 

Turut hadir, Kasubditwal dan PJR Ditgakkum Korlantas Polri Kombes Pol Faisal, dan Dirjen Hubdat Hendro Sugiatno.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.