Dark/Light Mode

Dukung Percepatan PSN, Menteri AHY Pastikan Lahan PSN Clean and Clear

Selasa, 19 Maret 2024 23:39 WIB
Menteri ATR/BPN, AHY usai mengikuti Rapat Internal terkait perkembangan PSN di Istana Merdeka pada Senin (18/03/2024).
Menteri ATR/BPN, AHY usai mengikuti Rapat Internal terkait perkembangan PSN di Istana Merdeka pada Senin (18/03/2024).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian ATR/BPN berkomitmen mendukung percepatan pengembangan sejumlah Proyek Strategis Nasional (PSN) baik jangka pendek, menengah, dan panjang. PSN yang dibangun mulai dari jalan tol, bandara, bendungan, dan infrastruktur lainnya.

Menteri ATR/Kepala BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjelaskan, bahwa dukungan Kementerian ATR di antaranya dari pengadaan tanah yang akan digunakan sebagai lokasi pembangunan PSN nanti bersih dan jelas.  

"Yang jelas prinsipnya adalah bagaimana kita ingin pembangunan PSN berjalan dengan lancar, progresif, lebih cepat, dan lebih bagus," kata AHY usai mengikuti Rapat Internal terkait perkembangan PSN di Istana Merdeka pada Senin (18/3).

Baca juga : Dibuka Menteri Sandi, Festival Arakan Sahur Tanjabbar Masuk Kalender Wisata Nasional

Dalam prosesnya, Menteri AHY juga memastikan bahwa pengadaan tanah untuk lokasi PSN tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari. Tanah yang akan digunakan harus berstatus clean and clear. Untuk memastikan hal tersebut, diperlukan koordinasi dengan kementerian/lembaga terkait dengan memperhatikan aturan yang berlaku.

"Kita tahu bahwa di berbagai lokasi PSN ada lahan milik masyarakat yang sedang berada atau tinggal, termasuk juga punya kehidupan, bekerja, bertani, berkebun, di lokasi-lokasi yang dijadikan lokasi PSN. Oleh karena itu, kami harus meyakinkan terlebih dahulu sebelum bisa mengeluarkan sertipikat apa pun, statusnya harus jelas dulu," katanya.

Menurut laporan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, secara kumulatif dari tahun 2016 lalu sampai Februari 2024, ada 195 PSN telah selesai dan beroperasi penuh. Total anggarannya Rp 1.519 triliun.

Baca juga : PLN Indonesia Power UBP Priok Pastikan Pasokan Listrik Tetap Handal

Airlangga juga menyebut, terdapat 41 PSN ditargetkan selesai pada tahun 2024. 

"Untuk Februari sampai Maret, 5 proyek akan selesai, April sampai September 2024 ada 24 proyek ditargetkan selesai, dan Oktober sampai dengan Desember 2024 ada 12 PSN," ungkapnya.

Dari 36 proyek periode April hingga Desember, terdapat berbagai isu yang dilaporkan terutama terkait pengadaan tanah dan tata ruang. Untuk itu, dibutuhkan dukungan dari seluruh stakeholder, termasuk Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). 

Baca juga : Menteri PUPR Pastikan Jalan Objek Vital Pertamina Tidak Terputus

"Ini dibahas tadi, hingga akhir 2024 dibutuhkan dukungan dari seluruh stakeholder," kata Airlangga.

Untuk diketahui, Rapat Internal bersama Presiden Jokowi ini diikuti oleh Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin serta para Menteri Kabinet Indonesia Maju dan Kepala Lembaga.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.