Dark/Light Mode

AHY Beri Kuliah Umum Di Seskoal, Paparkan Tata Ruang Pertahanan RI

Sabtu, 23 Maret 2024 11:50 WIB
Kuliah umum di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) Tentang  Tata Ruang Pertahanan Indonesia, Jakarta, Jumat (22/3).
Kuliah umum di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) Tentang Tata Ruang Pertahanan Indonesia, Jakarta, Jumat (22/3).

RM.id  Rakyat Merdeka - Agus Harimurti Yudhoyono atau yang lebih akrab disapa AHY memberikan kuliah umum di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) Jakarta. 

Di Seskoal, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) ini menyampaikan materi terkait Tata Ruang Pertahanan Indonesia.

Baca juga : Sekjen DPR RI Dicecar Soal Proses Pengadaan Barang Rumah Dinas DPR

“Variabelnya adalah bagaimana kita bisa membangun tata ruang pertahanan yang tentunya dihadapkan pada dinamika geopolitik yang ada di kawasan kita, termasuk peran seperti apa yang bisa dijalankan oleh TNI, khususnya TNI AL,” kata AHY membuka sesi kuliah umum dikutip Jumat (22/3).

Perencanaan tata ruang yang baik, termasuk untuk wilayah pertahanan, menurut Menteri AHY perlu dilakukan guna mendukung terwujudnya tujuan nasional, yaitu stabilitas keamanan. Hal tersebut tidak terlepas dari peran sentral TNI AL dalam menjaga keamanan negara dan memastikan kedaulatan wilayah maritim negara melalui penguatan pertahanan dan keamanan. 

Baca juga : Hari Kedua Di Sumut, Jokowi Tinjau RSUD Sibuhuan Hingga Persediaan Beras

“Apabila defense and security mampu kita kuatkan, maka akan berpengaruh pada stabilitas politik dan pemerintahan. Dengan terciptanya stabilitas politik dan pemerintahan, maka akan berdampak pada economic growth,” ujar Putra sulung Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono ini.

Menurutnya, kuliah umum ini menjadi momentum penting untuk merangkul pemahaman yang lebih luas tentang kompleksitas Tata Ruang Pertahanan Indonesia dan peran sentral TNI Angkatan Laut dalam menjaga kedaulatan negara. 

Baca juga : Kemenkop Dan BUMN Berhasil Produksi Minyak Makan Merah

“Melalui dialog dan kolaborasi yang terus-menerus, diharapkan Indonesia dapat lebih kuat dan bersatu dalam menghadapi berbagai tantangan yang mengancam kedaulatan negara,”pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.