Dark/Light Mode

Ini Kata Jokowi Soal Wacana Pelarangan Cadar dan Celana Cingkrang

Jumat, 1 November 2019 17:44 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Instagram)
Presiden Jokowi (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi angkat bicara soal wacana pelarangan penggunaan cadar atau niqab, dan celana cingkrang di instansi pemerintahan.

Menurut Jokowi, pada dasarnya, cara berpakaian memang pilihan personal dan kebebasan pribadi seseorang.

Baca juga : Pak Menag Jenderal... Bisa Kontra Produktif

"Kalau saya ya, yang namanya cara, cara berpakaian, cara berpakaian itu kan sebetulnya pilihan pribadi-pribadi. Pilihan personal atau kebebasan pribadi setiap orang," ujarnya di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (1/11).

Tetapi, dia mengingatkan, dalam sebuah institusi, ada peraturan tentang cara berpakaian. Aturan itu harus dipatuhi.

Baca juga : Menag Wacanakan Pelarangan Cadar, DPR Minta Penjelasan

"Tetapi dalam sebuah institusi, kalau memang itu ada ketentuan cara berpakaian, ya tentu saja harus dipatuhi," tegasnya.

Wacana pelarangan penggunaan cadar dan celana cingkrang sebelumnya dilontarkan Menteri Agama Fachrul Razi, saat Rapat Konsolidasi di Kantor Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Jakarta, Kamis (31/10).  Alasanya, demi keamanan. Wacana ini kemudian menimbulkan pro dan kontra. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.