Dark/Light Mode

Buruan Daftar, Kuota Mudik Motor Gratis Sisa 4 Persen Lagi

Kamis, 28 Maret 2024 22:06 WIB
Buruan Daftar, Kuota Mudik Motor Gratis Sisa 4 Persen Lagi

RM.id  Rakyat Merdeka - Antusiasme masyarakat mengikuti Program Angkut Motor Gratis (Motis) Lebaran via kereta api (KA) terbilang cukup tinggi. 

Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Risal Wasal mengungkapkan, saat ini kuota yang tersisa untuk Motis hanya tinggal 200-an lagi atau hanya 4 persen dari 28.196 penumpang dan 12.180 unit sepeda motor yang disediakan Pemerintah. 

"Sebesar 96 persen kuota Motis sudah terisi," ungkap Risal dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Risal mengatakan, pendaftaran Motis telah dimulai dari 4 Maret 2024 sampai 18 April 2024. Keberangkatan arus mudik akan dilakukan pada 2-8 April 2024, sedangkan keberangkatan arus balik akan dilakukan pada 13-19 April 2024.

Baca juga : Dorong Ekonomi Jelang Lebaran, PalmCo Gelar Mudik Gratis Dan Pasar Murah

Risal menambahkan, Ditjen Perkeretaapian menggelontorkan anggaran Rp10 miliar untuk program Motis tahun ini. 

Angka ini, kata Risal, dianggap sepadan dengan berkurangnya jumlah pengguna sepeda motor saat mudik. 

Risal mengakui, kereta api semakin menjadi pilihan dibandingkan moda lain bagi masyarakat yang akan pergi mudik. 

Risal menilai, ada potensi sekitar 33,72 juta orang mudik atau bergerak menggunakan transportasi kereta api, baik itu antar kota, perkotaan regional, dan perkotaan commuter.

Baca juga : Daftar Mudik Gratis di Banyak Tempat, Siap-siap Kena Blacklist

"Angka yang cukup besar, dan ini kami layani dengan kereta-kereta antar kota dengan segala modelnya, kereta ekonomi komersial, kereta eksekutif yang kita tingkatkan kualitasnya, ada yang suite, ada yang sleeper, ada yang panoramic. Kita menyiapkan semuanya itu untuk pelayanan selama angkutan Lebaran," tuturnya. 

Ia merinci, untuk kereta api antarkota targetnya secara total ada sekitar 3,2 juta orang. Angka ini meningkat 15,12 persen dari realisasi tahun 2023. Kemudian, kereta api Perkotaan Regional targetnya secara total ada sekitar 2,38 juta, atau meningkat 14,26 persen dari realisasi tahun sebelumnya. 

Sementara, untuk target kereta api Perkotaan Komuter target totalnya ada sekitar 14,78 juta orang, atau meningkat 26,16 persen dari realisasi tahun 2023.

Adapun, untuk puncak mudik akan terjadi di H-4 Lebaran dengan potensi peminat moda kereta api antarkota sebanyak 3,4 juta, dan puncak balik di H+3 dengan potensi peminat sekitar 4,7 juta.

Baca juga : Pendaftaran Mudik Gratis Pemprov DKI Dibuka Hari Ini, Jangan Sampai Ketinggalan

Lebih lanjut Risal menjelaskan, kapasitas angkut kereta api antarkota dan kereta Perkotaan Regional telah ditingkatkan menjadi 6,04 juta, melalui penambahan perjalanan kereta api. 

Namun, masih ada sekitar 27,69 juta calon peminat moda transportasi kereta api yang berpotensi belum dapat terangkut atau harus menggunakan moda transportasi lain selama periode H-7 sampai dengan H+7 Lebaran Idul Fitri 2024.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.