Dark/Light Mode

Ketemu Presiden FIFA Gianni Infantino

Jokowi Siapkan 10 Stadion Untuk Piala Dunia U-20

Sabtu, 2 November 2019 21:20 WIB
Presiden Jokowi (kanan) berjabat tangan dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Hotel Grand Hyatt Erawan, Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11). (Foto: Sekretariat Kabinet)
Presiden Jokowi (kanan) berjabat tangan dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Hotel Grand Hyatt Erawan, Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11). (Foto: Sekretariat Kabinet)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sepakbola merupakan olahraga paling populer di Indonesia. Saat ini saja, terdapat 1.679 klub sepak bola nasional di Indonesia. Bahkan,77 persen rakyat Indonesia cinta sepakbola, dan menempatkan Indonesia sebagai negara pecinta sepakbola nomor 2 di dunia.

Pernyataan itu disampaikan Presiden Jokowi, dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Asosiasi Sepakbola Dunia (Federation International Football Association/FIFA) Gianni Infantino di The Boardroom Hotel Grand Hyatt Erawan, Bangkok, Sabtu (2/11).

Pertemuan itu dihelat, sebelum Jokowi menghadiri sidang pleno Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-35 ASEAN di Impact Exhibition & Convention Center di Bangkok. 

"Sepakbola adalah sarana memperkuat rasa kesatuan dan kebangsaan rakyat Indonesia. Prestasi dalam sepakbola Indonesia, selalu menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia,” kata Jokowi dalam pertemuan tersebut.

Sementara itu, Presiden FIFA Gianni Infantino menyampaikan, sepakbola bukan hanya sekadar olahraga. “Tapi juga memberikan edukasi, tentang kehidupan, dan juga bagaimana belajar memberikan respek,” ucap Gianni.

Baca juga : Presiden FIFA Ingin Piala Dunia U-20 di Indonesia Jadi Yang Terbaik

Gianni juga menyampaikan, FIFA telah menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

“Tentunya kami yakin, Indonesia sebagai negara besar dengan 267 juga penduduk, dapat menjadi tuan rumah yang baik. Apalagi, didukung oleh 200 juta fans sepakbola. Ini penting bagi kami,” tutur Gianni.

Untuk penunjukan itu, Presiden menyampaikan apresiasi kepada FIFA, yang telah menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun 2021.

“Saya ucapkan terima kasih atas kepercayaan menjadi penyelenggara Piala Dunia U-20 pada tahun 2021,” kata Presiden.

Saat ini, ucap Presiden, pemerintah dengan PSSI telah mulai mempersiapkannya. “Kami akan bekerja keras menjamin Piala Dunia U-20 di Indonesia berlangsung sukses dan lancar. Kami telah memiliki pengalaman dalam menyelenggarakan Asian Games dan  Asian Para Games 2018,” ujar Jokowi.

Baca juga : Pemerintah Siapkan Inpres Penyelenggaraan Piala Dunia Bola Basket 2023

Saat ini, Indonesia tengah mempersiapkan 10 stadion yang tersebar di Pulau Sumatera, Jawa, dan Bali sebagai lokasi pertandingan.

Sebagai tuan rumah, Indonesia menyambut baik jika Tim Pendahulu FIFA datang untuk berkoordinasi dengan PSSI.  

“Kami gembira jika ada masukan, termasuk standar kelayakan stadion dan lainnya. Pendampingan juga telah dilakukan oleh Dewan Olimpiade Asia (Olympic Council of Asia), saat Asian Games 2018,” ujar Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Gianni juga menyampaikan ucapan selamat kepada Jokowi, karena Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI telah berjalan lancar dan memilih Ketua Umum baru, M Iriawan.

“Selamat. Semoga, ketua umum yang baru dapat membawa PSSI menjadi lebih baik dan berprestasi,” ucap Gianni.

Baca juga : Nggak Ketemu Presiden Jokowi, Tetty Batal Jadi Menteri

Terakhir, Presiden FIFA berjanji akan segera melakukan kunjungan ke Indonesia.

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Duta Besar Indonesia untuk Thailand Ahmad Rusdi, dan Staf Khusus Presiden Fadjroel Rahman turut hadir mendampingi Jokowi dalam pertemuan tersebut. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.