Dark/Light Mode

Tutup Diklat, Sekjen LHK Ajak Siswa Polhut Teruskan Perjuangan

Selasa, 2 April 2024 01:30 WIB
Sekjen KLHK, Bambang Hendroyono menjadi Inspektur upacara Penutupan Diklat Pembentukan Polisi Kehutanan Polhut Tahun 2024, di Lapangan Garuda Nusantara Setukpa Lemdiklat Polri, Senin (1/4).
Sekjen KLHK, Bambang Hendroyono menjadi Inspektur upacara Penutupan Diklat Pembentukan Polisi Kehutanan Polhut Tahun 2024, di Lapangan Garuda Nusantara Setukpa Lemdiklat Polri, Senin (1/4).

RM.id  Rakyat Merdeka - Diklat Pembentukan Polisi Kehutanan (Polhut) 2024 resmi ditutup. Upacara penutupan dipimpin Sekretaris Jenderal (Sekjen) KLHK, Bambang Hendroyono mewakili Menteri LHK, Siti Nurbaya.

Dalam sambutannya, Bambang memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran Polhut seluruh Indonesia. Khususnya, atas kerja-kerja nyata yang tak mudah, serta dedikasi tak ternilai dalam setiap derap langkah perjalanan bangsa Indonesia.

"Saya minta kepada siswa Diklat Pembentukan Polhut yang tergabung dalam Batalyon Wirawana Nusantara harus siap sedia mendarmabaktikan dan meneruskan segala perjuangan yang telah ditorehkan oleh para pendahulu Polhut Indonesia,"kata Bambang dalam keterangannya, Senin (1/4).

Baca juga : Hargai Jasa NU, Sekjen PBNU Ajak PKB Terima Hasil Pemilu 2024

Doktor Ilmu Administrasi dari Universitas Brawijaya Malang ini mengatakan, dalam satu dekade terakhir ini, KLHK terus melakukan upaya transformasi tata kelola pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan melalui pendekatan atau perspektif pembangunan ekosistem sumberdaya alam hutan berbasis lanskap. Sehingga, kelestarian sumber daya alam hutan berikut keanekaragaman hayatinya senantiasa dapat terjaga dan dikelola secara berkelanjutan.

Selain itu, lanjut Bambang pengelolaan sumber daya alam hutan harus mampu menjamin kelangsungan hidup bagi generasi saat ini maupun bagi generasi akan datang. 

Bambang menambahkan, Indonesia berkomitmen untuk berkontribusi dalam menjaga suhu global melalui strategi pencapaian Net Zero Emission Forestry and Other Land Use (FOLU) Net Sink 2030.

Baca juga : Dalam Waktu Dekat, Pertemuan Mega-Prabowo Sulit Terwujud

Ia juga berpesan kepada para peserta diklat agar sebelum kembali ke tempat ke institusi masing-masing untuk senantiasa memegang kode etik Polhut Budhi Bhakti Wirawana. Sehingga, bisa menjadi agen perubahan dalam sistem sosial masyarakat dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup dan sumberdaya alam hutan, serta mengedepankan nilai-nilai BerAKHLAK dalam pelaksanaan tugas Polhut sebagai aparat penegak hukum (APH) di bidang kehutanan.

Selain itu juga memupuk semangat belajar dan terus belajar dengan pengayaan best practices di lapangan sebagai upaya pengembangan diri (self development) seorang Polhut. Agar dapat memberikan pelayanan terbaik bagi negara dan masyarakat, serta membangun soliditas dan solidaritas corps Polhut di seluruh penjuru Tanah Air.

"Kepada seluruh siswa diklat, saya ucapkan selamat kembali bertugas di tempat masing-masing. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kekuatan dalam setiap dharma bakti kita kepada Nusa dan Bangsa. 'Bakti Negeri rRimba Lestari', ujarnya menegaskan.

Baca juga : Usai Digarap KPK, Sekjen DPR Indra Iskandar Bungkam

Diklat Pembentukan Polisi Kehutanan ini dilaksanakan selama 43 hari, dari 19 Februari-1 April 2024. Diklat Polhutan diikuti 263 peserta yang terdiri dari 213 orang pria dan 50 orang perempuan yang telah mengikuti kegiatan sampai dengan selesai dan dinyatakan lulus, serta diberikan sertifikat dan transkrip nilai.

Upacara penutupan Diklat Polhutan digelar di Lapangan Garuda Nusantara-Setukpa Lemdiklat Polri, Sukabumi, Jawa Barat. Turut hadir para pejabat pimpinan tinggi Madya dan Pratama KLHK, Kepala Lemdiklat Polri, Direktur Pembinaan Potensi Masyarakat - Baharkam Polri, Kepala Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Polri, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi, dan Kepala UPT KLHK, serta para peserta Diklat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.