Dark/Light Mode

Bupati Muaro Jambi Sambangi Rumah Warga Miskin Saat Malam Takbiran

Rabu, 10 April 2024 14:31 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Bupati Jambi Bachyuni Deliansyah punya cara sendiri dalam mengagungkan asma Allah pada malam takbiran.

Di tengah gema takbir berkumandang, Bachyuni ditemani istri dan putranya, memilih keliling kampung menemui sejumlah warga miskin, sekaligus memberinya paket sembako.

Bachyuni mengunjungi warga di sejumlah desa di wilayahnya, pada Rabu (10/4/2024) dini hari.

Menurut Bachyuni, kegiatan yang dilakukannya sebagai bagian dari tanggung jawab moral dan sosial, baik sebagai pribadi maupun sebagai bupati.

Baca juga : Pastikan Warga Punya Makanan, Tri Ardhianto Keliling Kampung Saat Takbiran

“Sebagai Pj Bupati saya tak boleh membiarkan ada warga yang besoknya mau berlebaran, jangankan beli daging, buat beli beras pun mereka tak punya. Sebagai pribadi seorang muslim dan sekaligus sebagai kepala daerah, saya tentu berdosa besar, jika saya membiarkan itu semua,” kata Bachyuni.

Ia sengaja mengajak istri dan putranya yang masih menempuh pendidikan di Akmil untuk ikut berkeliling ke rumah-rumah warga yang tidak mampu tersebut.

Hal itu untuk memberi pesan dan pelajaran penting kepada keluarganya, sehingga mereka semua satu irama dalam hal menjaga semangat kepekaan sosial yang tinggi.

“Pesan ini penting saya sampaikan, khususnya sebagai kepala rumah tangga, agar istri dan anak saya punya kepekaan sosial yang tinggi. Di samping untuk selalu bersyukur, bahwa di luar sana, masih banyak orang-orang yang kurang beruntung dibanding dengan diri dan keluarganya,” ungkapnya.

Baca juga : Polri Ingatkan Warga Tak Konvoi Saat Malam Takbiran

Kunjungan mendadak Bachyuni pun tentu saja membuat sejumlah warga yang ditemuinya kaget bercampur haru. Bahkan, beberapa di antara warga ada yang meneteskan air matanya.

Mereka tak menyangka rumahnya didatangi orang nomor satu di Muaro Jambi, saat gema takbir berkumandang di masjid-masjid.

Apalagi, kedatangan Bachyuni juga tidak dengan tangan kosong. Ia membawa sejumlah paket sembako untuk dibagikan.

Di antaranya, sebanyak 59 paket sembako, ya g dibagikan di Desa Senaung, 5 paket di Desa Kedemangan dan 40 paket di Desa Sekernan.

Baca juga : Smart Home Tawarkan Pengamanan Rumah Praktis Saat Ditinggal Mudik

“Ya Allah, luar biasa jiwa sosial Pak Bachyuni. Sebagai bupati beliau sangat peka terhadap nasib rakyatnya. Sampai-sampai, pada malam takbiran pun dia mengajak anak dan istrinya keliling kampung menemui kami warga yang miskin ini. Beliau memang sangat pantas dan layak menjadi pemimpin kami,” ungkap Misana, salah satu warga di Desa Senaung.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.