Dark/Light Mode

Eks Walkot Bekasi Tri Adhianto Sambangi Warga Miskin Di Waktu Sahur

Selasa, 26 Maret 2024 11:37 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Wali Kota Bekasi yang belum lama ini selesai menjabat, Tri Adhianto, mengisi waktu sahur di bulan suci Ramadan ini, dengan mendatangi rumah warga tidak mampu.

Datang secara mendadak ke rumah warga dimaksudkan untuk melihat kondisi warga saat Ramadan. Salah satu rumah yang disambangi Tri adalah Mak Nisah (70 tahun).

Ia seorang wanita yang hidup sebatang kara, yang tinggal di gang Dukuh, Kampung Kebantenan, Jati Asih, Kota Bekasi.

Mak Nisah mengaku tak menduga akan didatangi dan diajak makan sahur Ketua DPC PDIP Kota Bekasi. Ia mengaku terharu dengan kedatangan Tri.

"Ya Allah, saya seperti bermimpi. Saya tak menyangka jika gubuk saya ini kedatangan orang penting," kata Mak Nisah.

Baca juga : Bos Bulog Beberkan Faktor Penyebab Harga Beras Sulit Turun

Saat datang Tri Adhianto membawa banyak makanan. Ia juga terlihat santai dengan suasana rumah Mak Nisah, yang terlihat banyak barang berantakan dan kotor.

Tri bahkan menyempatkan diri untuk masuk ke dapur Mak Nisah, untuk sekedar melihat-lihat ada makanan apa di rumah Mak Nisah.

Saat makan sahur pun terihat Tri mengambilkan nasi untuk Mak Nisah.

"Subhanallah, saya benar-benar merasa dihormati dan dimuliakan oleh Pak Tri seperti terhadap ibunya sendiri. Saya sangat terharu, kagum dan senang luar biasa. Beliau memang pemimpin tauladan," ungkap Mak Nisah.

Tri Adhianto mengaku tidak memberi tahu warga akan kedatangannya tersebut.

Baca juga : Warga Kremlin Di Jakarta Antusias Pilih Presiden

Hal ini dilakukan, kata Tri, karena ingin melihat langsung apa kondisi warga saat makan sahur. Termasuk, makan apa saja saat sahur.

“Saat dirinya masuk ke dapur Mak Nisah, saya hanya memasak nasi saja, tak terlihat ada lauk dan sayuran. Kecuali tempe goreng yang lagi dihangatkan untuk dimakan,” kata Tri dalam siaran persnya.

Mendatangi warga secara spontan, menurut Tri, penting buat dirinya. Sehingga, pada saatnya nanti, akan menjadi bahan masukan dan pertimbangan dirinya sebagai politisi untuk membuat kebijakan terhadap warga kurang mampu.

Namun, hal yang tak kalah penting adalah misi untuk makin mengasah kepekaan sosial dirinya.

"Ini fakta yang tak boleh dipungkiri, bahwa masih banyak orang yang kurang beruntung secara ekonomi sehingga memerlukan bantuan orang-orang yang lebih mampu. Termasuk, bantuan dari pemerintah," paparnya.

Baca juga : Kualifikasi Piala Dunia, Vietnam Waspada Fisik Timnas Garuda

Dalam konteks inilah, Tri mengajak semua pihak, khususnya para politisi untuk sering-sering mengunjungi warga-warga yang tidak mampu. Termasuk, pada momen mendekati lebaran.

Hal ini untuk memastikan, apakah usai berlebaran mereka memiliki beras yang bisa dimasak atau tidak.

"Jangan sampai terjadi, boro-boro untuk beli daging, untuk beli beras pun mereka tak ada. Nah, tugas kita-kita yang mampu lah untuk ikut terpanggil membantu mereka," ungkapnya.

Bagi Tri sendiri, kunjungan seperti itu bukan sesuatu yang baru dilakukan. Saat menjabat wali kota pun, hampir setiap pekan selalu ada warga yang dikunjunginya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :