Dark/Light Mode

Bursa Ketum Golkar Mulai Ramai, Airlangga Makin Kokoh Di Beringin

Selasa, 12 Maret 2024 08:20 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: X Airlangga Hartarto)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: X Airlangga Hartarto)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Golkar akan melaksanakan Musyawarah Nasional (Munas) pada Desember tahun ini. Bursa calon ketua umum partai berlambang pohon beringin ini pun mulai ramai. Namun, posisi ketua umum petahana, Airlangga Hartarto, semakin kokoh.

Sejauh ini, dikabarkan ada empat kandidat calon Ketua Umum Golkar yang akan bertarung di Munas nanti. Mereka adalah Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita, politisi Partai Golkar Bahlil Lahadalia, dan Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo.

Meski banyak calon bermunculan, posisi Airlangga justru semakin kokoh. Keberhasilan meningkatkan suara di Pileg 2024 dan memenangkan Capres-Cawapres yang didukung, membuat posisi Airlangga di Golkar semakin kuat.

Baca juga : Mahfud-Gibran Saling Sapa Di Dunia Maya

Ketua DPD Golkar Sumatera Selatan Bobby Adhityo Rizaldi mengatakan, seluruh kader Golkar di wilayah solid mendukung kepemimpinan Airlangga. “Semua DPD Golkar fokus pada tugas mengawal hasil Pileg, Pilpres, dan menghadapi Pilkada, juga solid mendukung kepemimpinan AH (Airlangga Hartarto),” kata Bobby, kepada wartawan, Senin (11/3/2024).

Bobby lalu memuji kepemimpinan Airlangga karena berhasil menaikkan perolehan suara Golkar di Pemilu 2024. Kata Bobby, keberhasilan ini menjadi kebanggaan semua kader beringin.

“Para kader di seluruh tingkatan organisasi mengapresiasi kepemimpinan Pak AH yang dengan gemilang mampu mengantarkan posisi elektoral Golkar di luar perkiraan semua lembaga survei sebelumnya,” ungkap anggota Komisi I DPR itu.

Baca juga : Imin Melempem di Jatim

Menurut Bobby, masih ada kontestasi yang perlu dikawal yakni Pilkada serentak 2024. Meski begitu, dia menegaskan, hal itu tidak akan mengganggu jadwal Munas Golkar yang akan digelar Desember.

“Masih ada tugas selanjutnya yaitu kontestasi Pilkada 2024, yang tentu melibatkan seluruh elemen partai. Hal ini tidak membuat jadwal Munas Golkar ada perubahan, yakni di Desember 2024,” ungkapnya.

DPD Golkar Jambi dengan tegas mendukung Airlangga untuk kembali memimpin beringin. “Kami menyatakan mendukung Bapak Airlangga Hartarto untuk memimpin kembali Partai Golkar di Munas nanti,” ucap Ketua DPD Golkar Jambi Cek Endra.

Baca juga : Istri Kaesang Dielus-elus Jadi Calon Bupati Sleman

Endra menegaskan, seluruh kader Golkar di daerahnya solid mendukung Airlangga untuk kembali mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Golkar pada Munas Desember tahun ini.

“Kami solid dan punya kesatuan pandangan di antara anggota Golkar di daerah terhadap kepemimpinan Airlangga secara nasional. Hal ini juga menunjukkan pengakuan terhadap kontribusi dan kepemimpinan Airlangga Hartarto selama ini,” papar dia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.