Dark/Light Mode

Hari Pertama Masuk Kerja Usai Lebaran

Pj Gubernur Cek Pelayanan Publik Di Samsat Induk Dan Samsat Pembantu Alaya

Selasa, 16 April 2024 19:37 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari pertama masuk kerja setelah cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah, Selasa (16/4/2024), Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik didampingi Sekretaris Daerah Sri Wahyuni dan Asisten Administrasi Umum Riza Indra Riadi beserta pimpinan perangkat daerah terkait melakukan monitoring pelayanan publik di beberapa unit pelayanan di bawah naungan Pemerintah Provinsi Kaltim.

Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Induk Samarinda di Jalan Wahid Hasyim dan Kantor Bersama Samsat Pembantu Alaya di Sungai Pinang Dalam, Samarinda Utara, menjadi dua lokasi yang dikunjungi Pj Gubernur Akmal Malik.

Dia melihat langsung pelayanan kepada masyarakat yang membayar pajak kendaraan bermotor setelah libur panjang di masa cuti bersama lebaran.

Baca juga : Ucapkan Selamat Lebaran, Wapres Ajak Masyarakat Nyalakan Semangat Perbaikan

“Kami di sini jajaran pemerintah provinsi ada Bu Sekda, Pak Asisten, Kepala BKD, Inspektorat, mencoba melihat apakah ASN kita itu sudah melaksanakan kewajibannya untuk kembali bertugas setelah selesai cuti lebaran," ujarnya. 

"Alhamdulillah berjalan dengan baik. Dan itulah kenapa pentingnya kita turun ke lapangan untuk melihat permasalahan dan mencarikan solusinya. Intinya kita terus dari waktu ke waktu akan terus memperbaiki ini," imbuhnya.

Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri ini pun mengungkapkan, di Samsat semua sudah berjalan dengan baik.

Baca juga : Sehari Jelang Lebaran, Menkes Cek Pos Pelayanan Kesehatan Pelabuhan Ciwandan

Berbagai program dilaksanakan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan memudahkan masyarakat sebagai wajib pajak untuk menunaikan kewajibannya membayar PKB.

“Tadi kita menggunakan pendekatan online juga, pendaftaran tadi pajak kendaraan cukup lima menit mereka bisa membayar di luar dan tinggal cetak disini. Juga yang lima tahunan lebih mudah. Intinya kita pemerintah daerah bersama seluruh jajaran akan terus mencoba memperbaiki kinerja-kinerja seperti ini agar masyarakat kita merasa nyaman dan aman melakukan aktivitasnya,” pungkas Akmal Malik.

Selain meninjau pelayanan publik di Samsat Induk Samarinda dan Kantor Samsat Bersama Alaya, Akmal Malik juga melakukan peninjauan di RSUD AW Sjahranie dan RSJD Atma Husada Mahakam.

Baca juga : Pesan Kapolri Ke Jajarannya: Berikan Pelayanan Terbaik Buat Pemudik

Tampak hadir mendampingi Kepala BKD Deni Sutrisno, Inspektur Daerah Provinsi Kaltim Irfan Prananta dan Kepala Biro Organisasi Iwan Setiawan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.