Dark/Light Mode

Pusat Data Nasional Sokong Kinerja Pemerintah Dalam Melayani Publik

Pemerintah Bisa Lebih Cepat Dan Akurat Ambil Kebijakan

Rabu, 13 Desember 2023 08:50 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi. (Foto: Dok. FMB9)
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi. (Foto: Dok. FMB9)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah bisa lebih cepat dan akurat dalam mengambil kebijakan dengan kehadiran Pusat Data Nasional (PDN). Proyek yang ditangani Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) itu nantinya berfungsi untuk menyatukan, mengelola data, serta menyajikannya untuk menyokong kinerja Pemerintahan.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan, PDN akan menyempurnakan agenda transformasi digital yang tengah dijalankan Pemerintah. PDN dapat memberi manfaat dalam berbagai aspek kehidupan.

Perlu diketahui, jumlah pengguna internet di Tanah Air meningkat pesat. Pada 2023, pengguna internet sudah mencapai 78,19 persen atau menembus 251.626.156 jiwa dari total populasi 275.773.901 jiwa.

Baca juga : Memperkuat Etika Pemerintahan Dalam Memilih Pemimpin

“Pembangunan PDN penting untuk mendukung akselerasi transformasi digital di Indonesia,” kata Budi Arie, baru-baru ini.

Menkominfo memastikan, kehadiran PDN akan dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Indonesia. Salah satunya, PDN mendukung penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) agar menjadi lebih efektif dan efisien.

Nantinya, ketika PDN terbangun, SPBE menjadi lebih praktis. Pasalnya, PDN akan berfungsi sebagai infrastruktur digital untuk menyimpan, menyatukan, memproses, dan menyebarkan data digital sesuai kebutuhan para penyelenggara pemerintahan. Dengan begitu, ke depan, pelayanan publik bisa dilakukan lebih maksimal. Ditegaskan Menkominfo, kehadiran PDN mutlak bagi sebuah negara yang ingin melakukan transformasi digital.

Baca juga : Masalah Minyak Goreng, Pemerintah Diminta Beri Kepastian Hukum Ke Pengusaha

“Keberadaan PDN sangat penting sebagai bagian dari pondasi infrastruktur digital. Dengan memanfaatkan PDN, koordinasi dalam membuat kebijakan bisa lebih efisien dan lebih akurat,” terang Budi Arie.

Melalui penyederhanaan dan integrasi SPBE, lanjut Menkominfo, data-data tidak lagi saling tercecer. PDN akan mengkonsolidasikan data nasional. Ketika seluruh kementerian dan lembaga menyimpan data di PDN maka perwujudan Satu Data Indonesia akan semakin cepat terwujud.

Kehadiran PDN tentu sangat memungkinkan data untuk dipertukarkan, dibagikan, dan digunakan dalam rangka merumuskan kebijakan untuk kepentingan publik. Sehingga bisa meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengambilan keputusan.

Baca juga : Kasus Sifilis Naik, Kemenkes Minta Pasangan Setia, Ini Penyebab Dan Gejalanya

Dengan adanya PDN maka analisa data bisa berproses lebih baik. Pasalnya, terdapat infrastruktur untuk analisis data yang akurat di PDN.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.