Dark/Light Mode

Dirjen Iwan Rajin Kunker Ke IKN Tinjau Pembangunan Rusun ASN

Senin, 22 April 2024 18:55 WIB
Pembangunan hunian ASN di IKN  yang akan ditempati usai upacara HUT RI Ke 79 di Kalimantan Timur
Pembangunan hunian ASN di IKN yang akan ditempati usai upacara HUT RI Ke 79 di Kalimantan Timur

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto makin rajin melakukan kunjungan kerja ke Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam rangka monitoring dan evaluasi terhadap progres pembangunan hunian di IKN. 

Iwan ditugaskan oleh Menteri PUPR untuk memastikan pembangunan hunian Aparatur Sipil Negara (ASN) dan TNI Polri di IKN pasca libur Lebaran kembali dilanjutkan. Diharapkan, hunian tersebut bisa segera diselesaikan dan difungsikan menjelang perayaan Peringatan HUT RI ke-79 pada Agustus 2024. 
 
“Adanya libur panjang kemarin diharapkan mampu memberikan semangat baru kepada para pekerja konstruksi dan pegawai Kementerian PUPR yang bertugas di IKN untuk memulai dan melanjutkan kembali progres yang ada serta menyelesaikan target besar yang harus dituntaskan pada pembangunan IKN ini,” kata Iwan dalam keterangnnya, Senin (22/4) 

Baca juga : Asyik, Ribuan Pekerja Kontruksi IKN Bisa Mudik Lebaran

Anak buah Basuki Hadimuljono ini juga menyampaikan beberapa jenis hunian yang sudah dibangun di IKN. Pertama, Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) tahap I sebanyak 22 tower setinggi empat lantai yang mampu menampung sekitar 10.700 pekerja. 

Kedua, Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) yang saat ini progresnya mencapai 80 persen di mana ada beberapa rumah yang sudah jadi lengkap dengan furnitur di dalamnya dan sisanya masih dalam proses penyelesaian tahap akhir atau finishing. 

Baca juga : Dirjen Haji Tetap Ikut Antre Ibadah Haji, Baru Berangkat Tahun 2035

Selanjutnya, pembangunan sebanyak 47 tower untuk hunian ASN, TNI Polri dalam bentuk Rusun atau apartemen. Bangunan vertikal tersebut terdiri dari dua lantai podium sebagai fasilitas umum dan fasilitas sosial dan 10 lantai residensial. 

Diharapkan, sebanyak 12 tower tersebut bisa selesai dan difungsikan dalam beberapa bulan mendatang. 

Baca juga : BI Dan Bank Sentral India Kerja Sama Penggunaan Mata Uang Lokal

“Untuk HPK saat ini sudah diselesaikan dan dihuni secara penuh dan dikelola serta dimanfaatkan oleh tenaga ahli dan tenaga terampil yang terlibat dalam pembangunan IKN. Sedangkan RTJM yang sudah jadi kami jadikan sebagai rumah contoh sebagai bentuk harapan dan optimisme bahwa pembangunan IKN tetap berjalan disamping penyelesaian Rusun untuk pemindahan ASN, TNI Polri untuk mendukung peringatan HUT RI,” terangnya.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.