Dark/Light Mode

Perkenalkan Batik Haji 2024, Kemenag: Terobosan Baru Setelah 12 Tahun Tak Diganti

Minggu, 28 April 2024 13:42 WIB
Kemenag memperkenalkan batik haji 2024, dalam acara peluncuran Senam Haji Indonesia, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Minggu (28/4). (Foto: Dok. Kemenag)
Kemenag memperkenalkan batik haji 2024, dalam acara peluncuran Senam Haji Indonesia, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Minggu (28/4). (Foto: Dok. Kemenag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Agama (Kemenag) memperkenalkan Batik Haji 2024, dalam acara peluncuran Senam Haji Indonesia, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Minggu (28/4). Acara ini diikuti lebih dari 28 ribu jemaah haji Indonesia secara luring dan daring. 

"Ini terobosan baru setelah 12 tahun batik jemaah haji tidak pernah berganti. Seragam batik ini diperoleh melalui Sayembara Desain Batik Haji pada 2023," jelas Sekjen Kemenag M Ali Ramdhani, dalam sambutannya di acara tersebut.

Baca juga : Warga Tak Lagi Dibebani

Kemenag harap, seragam batik ini lebih mencerminkan identitas Indonesia dan mudah dikenali jemaah dari berbagai negara di dunia. 

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief mengungkapkan, dalam pengadaan batik haji ini, Kemenag melibatkan UMKM yang berada di berbagai daerah di Indonesia.

Baca juga : Perang Bisa Ganggu Logistik Industri, Menperin Minta Iran-Israel Tahan Diri

Hilman menyatakan, diperkirakan per jemaah membutuhkan 3 meter kain untuk satu batik. Untuk 241.000 jemaah, diperkiran sekitar 700 kilometer batik jika dibentangkan. “Dan kita melibatkan banyak UMKM untuk membuatnya," ucapnya.

Batik baru jemaah haji Indonesia berwarna ungu bermotif Sekar Arum Sari, yang terinspirasi dari melati putih, motif kawung, motif truntum, motif songket dan tenun, serta burung garuda. Motif ini mengambil filososfi puspa nasional Indonesia yang digambarkan dengan bunga melati putih yang melambangkan simbol kesucian, keagungan, kesederhanaan, ketulusan, keindahan, dan rendah hati. 

Baca juga : KPK Tetapkan Bupati Sidoarjo Tersangka Dugaan Korupsi Pemotongan Insentif ASN

Kegiatan Senam Haji dan Peragaan Batik Haji Indonesia ini didukung Bank Syariah Indonesia. "Kami mengapresiasi BSI yang sudah bersedia bersama-sama memfasilitasi jemaah haji Indonesia. Kita berharap kolaborasi yang kita lakukan dengan para mitra dapat mengoptimalkan layanan bagi para jemaah," ujar Hilman.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.